This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faiqoh, Elok (2011) Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika dengan pendekatan Problem Solving siswa Kelas IIIB MIN Medokan Ayu Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Elok Faiqoh D06207021 ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendekatan Problem Solving adalah suatu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada diri siswa dimana pendekatan tersebut mengharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga peran siswa lebih banyak daripada guru. Pendekatan Problem Solving, merupakan langkah yang cukup baik untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan pengetahuan baru. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji penerapan pendekatan Problem Solving terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas IIIB MIN Medokan Ayu Surabaya dengan pendekatan Problem Solving, bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas IIIB MIN Medokan Ayu Surabaya dengan pendekatan Problem Solving, dan bagaimana kemampuan siswa dalam pembelajaran di kelas IIIB MIN Medokan Ayu Surabaya dengan pendekatan Problem Solving. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan statistik sederhana, yaitu: penilaian tugas dan tes serta penilaian ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Problem Solving di kelas IIIB MIN Medokan Ayu Surabaya dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil persentase ketuntasan belajar mencapai 88,1%. Dan peningkatan kemampuan siswa di kelas IIIB MIN Medokan Ayu Surabaya setelah menggunakan pendekatan Problem Solving mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil prestasi yang cukup memuaskan, hal ini berdasarkan pada hasil persentase dari siklus I dengan hasil persentase 73,81% meningkat menjadi 88,1% pada siklus II. Sedangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas IIIB MIN Medokan Ayu Surabaya mempunyai dampak yang positif terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hal ini berdasarkan dari hasil persentase , hasil yang di peroleh pada siklus II adalah 86,36% sedangkan pada siklus I hanya 63,63%. Begitu juga dengan kemampuan siswa dalam pembelajaran yang berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita, dengan hasil persentase dari 60% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||||
Keywords: | PTK; pendekatan Problem Solving; soal cerita | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2011 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:24 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9227 |
Actions (login required)
View Item |