Peningkatan kemampuan menghitung pembagian pecahan melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas V MI Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munah, Siti Nailil (2011) Peningkatan kemampuan menghitung pembagian pecahan melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas V MI Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan guru dalam mengajar pembagian pecahan di MI Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo memakai rumus dan memberi contoh konkrit tanpa melibatkan siswa dalam menemukan materi yang dipelajari sehingga menyebabkan kesulitan siswa menghitung pembagian tingkat. Untuk itu digunakan pembelajaran keterlibatan siswa dalam menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata atau dalam kehidupan sehari-hari melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) materi menghitung pembagian pecahan kelas V MI Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan wawancara. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu 47,8 %, setelah menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) hasil belajar siswa meningkat menjadi 65,2 % pada siklus I dan 78,2 % pada siklus II. Selain meningkatkan menghitung pembagian pecahan siswa, pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa dimana aktivitas siswa pada siklus I cukup dan meningkat pada siklus II yaitu sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dapat meningkatkan contextual teaching and learning hasil belajar siswa dalam menghitung pembagian pecahan kelas V MI Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munah, Siti NaililUNSPECIFIEDD06207026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, MunawirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Contextual Teaching and Learning; CTL
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 24 Sep 2024 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9232

Actions (login required)

View Item View Item