Peningkatan prestasi belajar PKN dengan pembelajaran model Jigsaw siswa Kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustofa, Ahmad Hatta (2011) Peningkatan prestasi belajar PKN dengan pembelajaran model Jigsaw siswa Kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn khususnya pada materi globalisasi yang dilaksanakan di kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo kurang melibatkan potensi dan peran siswa secara optimal. Hal ini mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa karena siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan pembelajaran model Jigsaw melalui penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Model Jigsaw mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo; (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo; (3) Apakah pembelajaran Model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Model Jigsaw mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo; (2) Mengetahui prestasi belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo; (3) Mengetahui bahwa pembelajaran Model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, lembar pengamatan dalam kelompok, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkkan bahwa melalui pembelajaran model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada siklus I rata-rata kelas cukup baik dengan angka 78,87 dan prosentase kelulusannya mencapai 89,74%, besarnya prosentase ini sudah dikatakan baik tetapi perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal, kita ketahui standar prestasi belajar seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah mencapai 75%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 93,07 atau dapat dikategorikan baik, begitu juga dengan prosentase prestasi belajar mencapai 92,30% dan angka tersebut termasuk kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustofa, Ahmad HattaUNSPECIFIEDD06207027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, MunawirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Prestasi belajar PKn; pembelajaran model Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 30 Sep 2024 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9233

Actions (login required)

View Item View Item