This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syarkawi, Syarkawi (2011) Pola pengelompokan siswa baru: study kasus di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Sumberanyar Rowokangkung Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Syarkawi_D33206013.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sumberanyar Rowokangkung Lumajang merupakan lembaga pendidikan yang mengelompokan peserta didik berbeda dengan lembaga-lembaga pendidikan pada umumnya. Pengelompokan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah tersebut hanya terdapat di kelas 1 saja, yaitu kelas 1 (satu) A bagi siswa-siswi baru yang lulus tes masuk dan kelas 1 (satu) B begi siswa-siswi baru yang tidak lulus tes.
Sedangkan pada tingkatan kelas-kelas selanjutnya, yaitu kelas 2 (dua) sampai kelas 6 (enam) tidak terdapat pengelompokan seperti di kelas 1. Dari latar belakang tersebut di atas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dalam penulisan skripsi dengan judul: Pola Pengelompokan Siswa Baru Study Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Sumberanyar Rowokangkung Lumajang. Adapun permasalahan yang peneliti kaji di dalam penelitian ini, ialah tentang: Bagaimana pola pengelompokan siswa baru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum, Dasar pengelompokan siswa baru, Kriteria pengelompokan dan Tujuan pengelompokan siswa baru di Madrasah Ibtidaiyah tersebut. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Selanjutnya untuk memperoleh data yang diinginkan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta kepustakaan untuk memperoleh data-data yang terkait. Sedangkan dalam menganalisa data, peneliti menggunakan content analysis yaitu menganalisa permasalahan-permasalahan yang terkait dengan judul skripsi. Hasil penelitian ini adalah, penulis menemukan bahwa : Pola pengelompokan siswa baru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Lumajang hanya terdapat pada kelas 1 saja dan dikelompokkan di kelas A bagi siswa baru yang lulus tes dan kelas B bagi siswa baru yang tidak lulus tes. Adapun yang menjadi dasar pengelompokan siswa baru di Madrasah Ibtidaiyah tersebut ialah hasil tes masuk dan perbedaan-perbedaan yang terdapat pada individu peserta didik seperti minat, bakat dan kemampuan intelegensi. Sedangkan yang menjadi kriteria pengelompokan siswa baru ialah potensi-potensi yang terdapat pada individu peserta didik. Tujuan dari pengelompokan siswa baru di madrasah tersebut ialah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, serta untuk membimbing peserta didik secara intensif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen | ||||||
Keywords: | Pola Pengelompokan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 25 May 2018 04:19 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9270 |
Actions (login required)
View Item |