This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wahyuningsih, Suci Eka (2011) Hubungan antara Self Regulated Learning dengan pemecahan masalah siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Suci Eka Wahyuningsih_B07207047.pdf Download (566kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
babi.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
babii.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
babiii.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
babiv.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
babv.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara pengelolaan diri dalam belajar (self regulated learning) dan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fisika. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fisika. Adapun hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan antara self regulated learning dengan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fisika, dan hipotesis kedua tidak ada hubungan antara self regulated learning dengan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fisika. Untuk mengungkap persoalan tersebut diatas, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang digunakan untuk memeriksa fakta dan data mengenai hubungan antara self regulated learning dengan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fisika. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Porong dengan jumlah 140 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala likert dan tes prestasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan komputer program Statistic Package For Social Science (SPSS) versi 16 for windows. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana diperoleh angka korelasi sebesar 0,067 dengan signifikansi 0,215. Karena signifikansi 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara self regulated learning dengan pemecahan siswa pada mata pelajaran fisika. Berdasarkan harga koefisien korelasi yang positif yaitu 0,067, maka arah hubungannya adalah positif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self regulated learning yang dimiliki siswa maka akan diikuti semakin tinggi pula pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fisika, dan sebaliknya. Selain itu juga diperoleh nilai R Square sebesar 0,005 yang berarti 0,5% variabel pemecahan masalah dipengaruhi/dijelaskan oleh variabel self regulated learning sisanya sebesar 99,5% oleh variabel lainnya yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar | ||||||||
Keywords: | Self Regulated Learning; pemecahan masalah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2011 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:29 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9290 |
Actions (login required)
View Item |