Perbedaan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan strategi Team Teaching dan strategi Cooperative Learning Tipe Stad dengan memperhatikan aspek Gender dalam menyelesaikan soal Segi Empat di Kelas VII SMP N I Modo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prihatin, Lilik (2011) Perbedaan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan strategi Team Teaching dan strategi Cooperative Learning Tipe Stad dengan memperhatikan aspek Gender dalam menyelesaikan soal Segi Empat di Kelas VII SMP N I Modo Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efesien. Keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tidak hanya ditentukan oleh ketepatan strategi guru dalam mentransfer pengetahuannya, tetapi juga ditentukan oleh peran serta aktif dari siswa dalam proses pembelajaran. Agar siswa dapat belajar dengan baik maka tugas guru tidak hanya memberikan sejumlah informasi kepada siswa, tetapi juga harus dapat mengusahakan bagaimana agar konsep yang penting dapat tertanam kuat dalam pemikiran siswa. Salah satu strategi yang membuat pembelajaran lebih efektif dan efesien yaitu strategi team teaching karena proses pembelajarannya melibatkan langsung dua orang guru. Selain itu strategi yang dianggap mampu membantu meningkatkan hasil belajar siswa yaitu strategi cooperative learning karena dalam strategi cooperative learning siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga siswa mampu menggali informasi dari temannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi team teaching dan strategi cooperative learning tipe STAD dengan memperhatikan aspek gender dalam menyelesaikan soal segi empat di kelas VII SMP N I MODO.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP N I MODO. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Variabel penelitian terdiri atas hasil belajar matematika siswa sebagai variabel bebas dan strategi team teaching dan strategi cooperative learning tipe STAD dengan memperhatikan aspek gender sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji ANOVA two way.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan strategi team teaching dan strategi cooperative learning tipe STAD dengan memperhatikan aspek gender diperoleh Fhitung = 0,0001 dan 2,02, sedangkan Ftabel= 4,00 dan 7,08, jadi FhitungFtabel, maka terima H0 dan tolak H1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prihatin, Lilik--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Team teaching; cooperative learning tipe STAD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 10 Oct 2018 09:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9335

Actions (login required)

View Item View Item