Pengaruh profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa pada bidang Studi Fiqih di SMP Islam al-Asghony Peramian Sereseh Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Afandi (2011) Pengaruh profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa pada bidang Studi Fiqih di SMP Islam al-Asghony Peramian Sereseh Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afandi_D01207071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam era pembangunan dan negara yang sedang berkembang seperti indonesia ini, guru mempunyai peranan penting dalam mengabdi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa termasuk bimbingan pada generasi mendatang, maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu seorang guru mempunyai kewajiban secara langsung untuk mengawasi dan membantu proses belajar pada peserta didik untuk mencapai prestasi. Diakui atau tidak, guru akan selalu menjadi unsur penting yang menentukan berhasil atau tidaknya sutu pendidikan. Oleh karena itu maka guru selalu berperan dalam pembentukan sumber daya manusia yang pontensial dibidang pembangunan bangsa dan negara. Guru adalah orang kedua setelah orang tua yang selalu mendidik dan memgawasi anak, untuk menuju cita-cita dan tujan hidupnya. Oleh karena seorang guru harus memiliki dedikasi yang sangat tinggi dan profesi yang dipilihnya itu bukan pekerjaan sampingan, sebab diakui atau tidak gurulah yang menentukan keberhasilan anak.
Berpegang dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran yang terdapat didalamnya maka rumusan masalah sebagai berikut Bagaimana profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Asghony Peramian Sereseh Sampang, Bagaimana prestasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Asghony Peramian Sereseh Sampang, Apakah ada pengaruh profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMP Islam Al-Asghony Peramian Sereseh Sampang. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Asghony Peramian Sereseh Sampang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosentase dan rumus product moment.
Dari hasil pembahasan dan penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut, profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar sudah baik, terbukti dari hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56%-100%. Dan prestasi belajar siswa di SMP SMP Islam Al-Asghony Peramian Sereseh Sampang tergolong baik, ini terbukti dari hasil perhitungan dengan skor 7,6 berdasarkan standar yang ditetapkan maka terletak antara 56%-100%.
Sedangkan hasil analisis data tentang profesionalitas guru pendidikakn agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Islam al-Asghony Peramian Sereseh Sampang adalah berpengaruh. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang diperoleh adalah 0,827 lebih besar dari pada rt, baik pada taraf signifikansi 5% dengan nilai 0,235 maupun pada signifikansi 1% dengan nilai 0,306. Adapun pengaruh yang ditimbulkan adalah tergolong tinggi/kuat, hal ini berdasarkan rxy dengan nilai 0,827 yang terletak antara 0,70-0,90 yang mana interpretasinya adalah tinggi/kuat. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, AfandiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pengaruh; Profesionalitas; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 26 Apr 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9382

Actions (login required)

View Item View Item