Pengaruh kepribadian Guru mata pelajaran Aqidah-Akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Saiful Ulum Kec. Tanjung Bumi Kab. Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Hasanah (2011) Pengaruh kepribadian Guru mata pelajaran Aqidah-Akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Saiful Ulum Kec. Tanjung Bumi Kab. Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasanah_D01207077.pdf

Download (1MB)

Abstract

didalam maupun diluar sekolah, guru harus dapat memperlihatkan kelakuan, sifat, penampilan yang dapat ditiru oleh masyarakat khususnya anak didik, karena kepribadian seorang guru dihadapan murid-muridnya sangatlah berpengaruh dan menentukan dalam proses belajar mengajar, Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa kepribadian guru yang baik maka akan timbul dalam diri siswa untuk senang mempelajari mata pelajaran tersebut, sehingga prestasi belajar siswa akan semakin meningkat. hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai suatu tujuan/ terlaksana nya suatu kegiatan atau aktifitas pembelajaran. Masalah yang akan dibahas dalam masalah ini adalah 1)Bagaimana kepribadian guru mata pelajaran Aqidah-Akhlak kelas VII di MTs Saiful Ulum 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Saiful Ulum 3)Apakah ada pengaruh kepribadian guru mata pelajaran Aqidah-Akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Saiful Ulum Tanjungbumi Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepribadian guru mata pelajaran Aqidah-Akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Saiful Ulum Tanjungbumi Bangkalan. Dengan populasi sebanyak 68 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif analisis yang didukung dengan teknik-teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket yang berisi sejumlah pertanyaan tentang kepribadian angket ini dibagikan kepada responden yaitu siswa-siswa kelas VII MTs Saiful Ulum Tanjungbumi Bangkalan, jawaban angket tersebut dihitung dengan rumus prosentase kemudian diolah dan dijelaskan secara deskriptif, sedangkan prestasi belajar siswa diambil dari nilai raport pada semester ganjil, selain itu penulis memperoleh dari penunjang lainnya melalui wawancara dengan kepala sekolah mengenai kepribadian dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak. Kemudian setelah itu hasil angket tentang kepribadian dan nilai prestasi belajar, lalu penulis menghitung kedua variabel tersebut dengan menggunakan product moment. Hal ini untuk mengetahui pengaruh kedua variabel tersebut. Setelah penelitian ini dilakukan, maka penulis memperoleh hasil penelitian dengan angka korelasi sebesar, 0,702 yang berarti terdapat korelasi positif (korelasi yang sejalan arah), dan tergolong korelasi yang tinggi. Yang terletak antara 0,70-0,90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepribadian guru mata pelajaran Aqidah-akhlak mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Saiful Ulum Tanjungbumi Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, HasanahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Keywords: Kepribadian Guru; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 11 Apr 2019 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9385

Actions (login required)

View Item View Item