This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Taufiq, Moh. (2011) Pengaruh pelaksanaan PPL IAIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2010/2011 terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya adalah suatu kegiatan akademik berupa latihan pembelajaran di sekolah. Baik formal, informal, maupun non formal. Hal ni bertujuan untuk membentuk empat kompetensi guru yaitu kompetensi Psedagogik, Profesional, Sosial, dan Personal.
Keberhasilan belajar sangat dipengaruh oleh motivasi. Dalam proses belajar mengajar motivasi merupakan masalah yang sangat penting dan syarat mutlak dalam belajar. Banyak bakat siswa yang tidak berkembang karena tidak diperoleh motivasi yang tepat. Karena itu mahasiwa dalam hal ini guru peraktek dengan empat kompetensi diatas harus mampu memotivasi siswa yang diajarinya sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai. Berpegang dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran yang terdapat didalamnya maka rumusan masalah yang peneliti angkat adalah sebagai berikut Bagaimana Pelaksanaan PPL IAIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2010/2011 di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya, Bagaimana Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya, Apakah ada pengaruh Pelaksanaan PPL IAIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2010/2011 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya, Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan teknik analisa statistik, yaitu: teknik analisa prosentase dan teknik analisa Chi kuadrat yang kemudian di substitusikan ke dalam rumus KK ( Koefisien Kontingensi ). Dari hasil pembahasan dan penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut, pelaksanaan PPL IAIN Sunan Ampel Surabaya tahun Akademik 2010/2011 di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya sudah cukup baik, terbukti dari hasil perhitungan prosentase menunjukkan 46,15%. Dan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya tergolong cukup tinggi, ini terbukti dari hasil perhitungan prosentase menunjukkan 69,23%. Sedangkan hasil analisis data tentang pelaksanaan PPL IAIN Sunan Ampel Surabaya tahun Akademik 2010/2011 terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya adalah berpengaruh. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang diperoleh adalah 4,7498 lebih besar dari pada χ 2 tabel baik pada taraf signifikansi 20% dengan nilai 3,219 maupun pada signifikansi 10% dengan nilai 4,605. Adapun pengaruh yang ditimbulkan adalah tergolong lemah, hal ini berdasarkan KK dengan nilai 0,33 yang terletak antara 0,20-0,40 yang mana interpretasinya adalah lemah. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Sumber Belajar | ||||||
Keywords: | PPL; Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 22 May 2018 07:38 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9422 |
Actions (login required)
View Item |