TAKHLIL AL-AKHTO' ALKITABAH AL IMLA'IYAH WA SHORFIYAH LADA THULLAB ALMADRASAH ALMUTAWASITHOH AL MA'ARIF REMBANG PASURUAN SANAH 2015-2016 MASEHI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Mokhammad Lutfi (2016) TAKHLIL AL-AKHTO' ALKITABAH AL IMLA'IYAH WA SHORFIYAH LADA THULLAB ALMADRASAH ALMUTAWASITHOH AL MA'ARIF REMBANG PASURUAN SANAH 2015-2016 MASEHI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Tahlilul Akhto’ adalah kajian kesalahan yang dilakukan oleh peneliti bahasa dan mencoba mendefinisikan penyebab dari kesalahan tersebut untuk kemudian memberi evaluasi yang benar.Dalam hal ini, peneliti menfokuskan pada kajian shorof, yakni ilmu usul (kaidah-kaidah) untuk mengetahui bentuk-bentuk kalimat bahasa Arab (sighat) tanpa memandang kalimat tersebut mabni atau mu’rob2. Peneliti memilih Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Rembang, Pasuruan sebagai tempat untuk melakukan penelitian tersebut. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat kemampuan ilmu bahasa Arab para siswa dan mengetahui dimana letak kesalahan penulisan khususnya pada mata pelajaran shorof dan kemudian memberikan evaluasi yang benar.Peneliti memilih MTs. Ma’arif Rembang Pasuruan sebagai tempat penelitian karena madrasah tersebut mempunyai keunikan dengan madrasah yang lainnya, besar harapan peneliti untuk mengembangkan madrasah tersebut, diantaranya dengan melakukan penelitian kesalahan terhadap siswa di madrasah tersebut untuk kemudian memberikan evaluasi yang benar. Dalam hal ini, peneliti memilih 11 siswa dan siswi yang duduk di kelas IX. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti ialah metode kualitatif, yakni peneliti menganalisis kesalahan penulisan shorof kemudian mengidentifikasi kesalahan-kesalahan tersebut. Langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan tersebut ialah pertama peneliti mengumpulkan data lembar tulisan siswa tersebut, kemudian peneliti mengidentifikasikan dan mendeskripsikan kesalahan, dan yang terakhir peneliti menjelaskan kesalahan dan mengevaluasi kesalahan tersebut. Dari hasil analisis kesalahan tersebut, peneliti menemukan kesalahan-kesalahan pada penulisan shorof dari siswa-siswi MTs. Ma’arif Rembang Pasuruan, diantaranya berbentuk : 1. Kesalahan dalam penggunaan fi’il madhi yang seharusnya fi’il mudhori’ 2. Kesalahan dalam penggunaan fi’il mudhori’ yang seharusnya fi’il madhi 3. Kesalahan dalam penggunaan fi’il madhi dan fi’il mudhori yang seharusnya fi’il amr 4. Kesalahan dalam penggunaan dhomir yang disandarkan pada fi’il madhi 5. Kesalahan dalam penggunaan dhomir yang disandarkan pada fi’il mudhori’ 6. Kesalahan dalam penggunaan dhomir yang disandarkan ke fi’il amr Peneliti juga menemukan penyebab dari kesalahan-kesalahan pada penulisan shorof dari siswa-siswi MTs. Ma’arif Rembang Pasuruan, yaitu asumsi dalam penulisan dhomir yang salah dari para siswa, kurangnya latihan dalam menulis khususnya dalam kata yang berkaitan dengan ilmu shorof, dan menyamaratakan antara penulisan fi’il yang seharusnya fi’il dengan zaman yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Mokhammad LutfiLutfi.Mokhammad@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Keywords: Takhlilul Akhto';Imla'; Sharaf
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Firmansyah Mokhammad Lutfi
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:38
Last Modified: 18 Aug 2016 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9460

Actions (login required)

View Item View Item