This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faridah, Siti (2011) Dinamika persepsi masyarakat terhadap lembaga pendidikan : studi tentang pandangan masyarakat terhadap Madrasah Ibtidaiyah dengan Sekolah Dasar Negeri di Desa Kedungkendo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Siti Faridah_D01207123.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatau kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia. Di dunia ini, dimanapun terdapat masyarakat, disana pula terdapat pendidikan. Melalui praktik pendidikan, peserta didik diajak untuk memahami dan mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan dan tuntutan yang ada di masa yang akan datang. Lembaga Pendidikan (baik formal, non formal atau informal) adalah tempat transfer ilmu pengetahuan dan budaya (peradaban). Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa lembaga pendidikan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap corak dan karakter masyarakat. Lembaga pendidikan merupakan wadah untuk berlangsungnya pendidikan, maka tentunya akan mengangkut masalah lingkungan dimana pendidikan tersebut dilaksanakan. Dalam skripsi ini yang berjudul Dinamika Persepsi Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan (studi tentang pandangan Masyarakat Terhadap Madrasah Ibtidaiyah dengan Sekolah Dasar Negeri di Desa Kedungkendo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo) ini, terdapat beberapa rumusan masalah yaitu bagaimana persepsi masyarakat terhadap Madrasah Ibtidaiyah, bagaimana persepsi masyarakat terhadap Sekolah Dasar negeri dan bagaimana dinamika persepsi masyarakat terhadap lembaga pendidikan di Desa Kedungkendo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.
Dengan adanya dua lembaga pendidikan formal ini, maka masyarakat sangat selektif dalam memilih lembaga pendidikan yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Ada sebagian masyarakat yang mempercayakan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri karena menganggap ilmu pengetahuan secara umum atau akademis sangat digalakkan sehingga sesuai dengan tuntutan masa depan. Namun ada sebagian masyarakat yang lebih percaya dengan Madrasah Ibtidaiyah, karena mereka menganggap bahwa Madrasah Ibtidaiyah selain dapat memberikan pendidikan dari segi akademisi juga dapat memberikan pendidikan religi.
Sedangkan untuk menjawab beberapa permasalahan diatas, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Observasi, dokumentasi dan wawancara (interview). Dari peneliotian yang telah penulis lakukan, dapat dijelaskan bahwasanya masayarakat berharap lembaga pendidikan yang telah terpilih mampu memberikan pengaruh yang sempurna bagi masa depan putra putri mereka kelak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam Manajemen dan organisasi sekolah |
||||||
Keywords: | Lembaga pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 20 May 2019 05:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9493 |
Actions (login required)
View Item |