This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lukmah, Ismatul (2011) Peranan keluarga dalam menanggulangi problematika Pendidikan Agama Islam anak masyarakat Desa Sedagaran Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ismatul Lukmah_D01207126.pdf Download (888kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan urat nadi kehidupan individu dan masyarakat, namun salah satu problem pendidikan agama Islam anak dewasa ini adalah masalah belajar, apa saja yang menjadi kendala atau kesulitan anak, sebab belajar merupakan salah satu sarana tercapainya keberhasilan pendidikan anak. Oleh karena itu, pendidikan dalam lingkungan keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dan besar sekali pengaruhnya karena keluarga merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mulai menerima pendidikan. Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa permasalahan, antara lain: 1) Bagaimana peranan keluarga dalam menanggulangi problematika pendidikan agama Islam anak masyarakat desa Sedagaran Sidayu Gresik? 2) Apa saja problematika pendidikan agama Islam yang dihadapi keluarga pada anak? 3). Upaya apa saja yang telah dilakukan keluarga dalam menanggulangi problematika tersebut?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dimana analisisnya menggunakan jenis deskriptif dan data yang diperoleh melalui beberapa teknik diantaranya adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jawaban rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Peranan keluarga dalam menanggulangi problematika Pendidikan agama Islam anak masyarakat termasuk kategori baik dan berperan dalam pendidikan anak. 2) Adapun Problematika yang dihadapi keluarga dalam pendidikan agama Islam anak dari faktor internal, yaitu masih ada anak-anak yang mengalami problem minat (bermalas-malasan) dalam belajar dan ada beberapa anak yang sering mengalami sakit sehingga menghambat pendidikan anak. Sedangkan dari faktor eksternal, yaitu kesibukan orang tua dalam memenuhi kebutuhan keluarga yang menjadikan kurangnya perhatian & pengawasan orang tua kepada anak dan kondisi lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi kepribadian anak. 3) Upaya keluarga dalam menanggulangi problematika tersebut dengan berusaha memenuhi kebutuhan pendidikan anak dan membimbing serta memberikan motivasi mereka dengan baik. Keluarga juga berupaya memberikan segala kebutuhan pendidikan anak-anaknya seperti menyekolahkan anak untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan dan membentuk perilaku anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Orang tua harus menciptakan suasana keluarga kondusif untuk mewujudkan pendidikan yang baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Keluarga Pendidikan Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Peranan Keluarga; Anak; Keluarga | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2019 03:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9494 |
Actions (login required)
View Item |