Pengaruh implementasi Imtaq dan Iptek terhadap hasil belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Lasem (RSBI), Kabupaten Rembang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ervana, Novi (2011) Pengaruh implementasi Imtaq dan Iptek terhadap hasil belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Lasem (RSBI), Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengaruh.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena Imtaq dan Iptek merupakan faktor yang berpengaruh dalam hasil belajar para siswa, maka sebagai pihak lembaga sekolah harus memperhatikan pembiasaan keagaman dan pemanfaatan iptek dalam proses belajar, imtaq yang mampu membentuk siswa berkepribadian islami sesuai agama islam sehingga menjadi penunjang kecintaan terhadap materi PAI, iptek mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui Implementasi imtaq , 2). Untuk mengetahui Implementasi iptek, 3). Untuk mengetahui hasil belajar siswa Pada materi PAI, 4). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Implementasi imtaq terhadap hasil belajar siswa pada materi PAI, 5). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Implementasi iptek terhadap hasil belajar siswa pada materi PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian lapangan yang mememrlukan analisis statistik (data berupa angka) dengan menggunakan jenis penelitian korelasional yang tujuan nya untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Variabel independent dengan variabel dependent. Teknik sampling dalam penelitian menggunakan pendekatan populasi yakni siswa kelas VII SMP Negeri I Lasem yaitu 216 siswa. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data diantaranya adalah observasi, angket serta dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : dari hasil peneliti lakukan, bahwa Implementasi imtaq dan iptek adalah baik, hal ini berdasarkan sebagian besar jawaban responden berada pada skor 5-7 cenderung Sangat Setuju dengan total skor sebesar 113 atau 70.6% dan skor sebesar 103 atau 64.4%. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lasem sudah baik, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai rapot analisis melalui prosentase 85%. Dari hasil analisis regresi berganda dalam uji F didapat Fhitung sebesar 15,237 jauh diatas Ftabel (df = 3;82) sebesar 2,72 pada tingkat signifikan 0,000. Maka pengaruh variable bebas yang terdiri dari Imtaq dan Iptek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ervana, Novi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Imtaq; Iptek
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2011
Last Modified: 21 May 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9502

Actions (login required)

View Item View Item