PROSEDUR DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI (Studi Kasus di Baitul Maal wa at-Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Cabang Bayeman)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghufron, Moh. Idil (2011) PROSEDUR DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI (Studi Kasus di Baitul Maal wa at-Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Cabang Bayeman). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar penduduk Indonesia adalah memeluk agama Islam. Tiap tahunnya Indonesia adalah negara paling banyak mengirimkan jamaah haji ke Makkah. Porsi yang disediakan pemerintah untuk kuota haji tidak cukup untuk menampung semua keinginan masyarakat yang mendaftar sehingga apabila pemesanan porsi dilakukan dari sekarang berlaku untuk pemberangkatan haji 3-4 tahun ke depan. Maka dari itu, masyarakat Indonesia bercepat-cepat untuk mendaftarkan diri untuk bisa naik haji.
Namun dari keinginan masyarakat muslim untuk pergi ke Baitullah, dari keluarga kalangan menengah ke bawah yang kesulitan untuk memenuhi keinginnya ke Makkah
dengan alasan biaya yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, bank syari’ah maupun koperasi berlomba mencari strategi untuk memanfaatkan adanya kesulitan bagi kalangan
menengah ke bawah untuk dapat pergi haji. Tak terkecuali BMT-UGT Sidogiri Cabang Bayeman dengan prosedur dan strateginya diharapkan bisa menarik minat nasabah untuk
ikut dalam produk yang ditawarkannya untuk mendapatkan porsi haji.
Dengan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana prosedur yang ditempuh nasabah untuk memperoleh dana talangan
haji. 2. Permasalahan apa saja yang dihadapi nasabah di BMT-UGT Sidogiri Cabang Bayeman. 3. Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan dana talangan haji. 4.
Permasalahan apa yang dihadapi BMT-UGT Sidogiri Cabang Bayeman dalam menerapkan prosedur dan strategi pemasaran dana talangan haji.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan prosedur dan strategi pemasaran dana talangan haji di BMT-UGT Sidogiri Cabang Bayeman. Untuk meraih data yang
diperlukan dalam penelitian ini digunakan beberapa metode, yaitu metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Sedangkan metode
pengumpulan datanya meliputi : metode observasi, interview. Adapun analisa datanya menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah 1. dalam praktiknya, nasabah dalam melakukan transaksi pembiayaan dana al-qard} talangan haji dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan BMT-UGT Sidogiri Cabang Bayeman, namun yang meringankan transaksi nasabah untuk dana talangan haji yaitu dari pihak BMT-UGT Sidogiri Cabang Bayeman membantu dan mengambil alih sebagian administrasi yang biasa dilakukan nasabah saat mendaftar sehingga nasabah merasa terbantu karena sebagian nasabah mayoritas dari kalangan keluarga menengah ke bawah. 2. Kendala yang dihadapi nasabah saat
pendaftaraan haji, yaitu talangan yang ditawarkan oleh BMT sudah ditentukan dan bukan atas kemampuan nasabah sendiri yang mempunyai modal tertentu untuk mendaftar haji di
bawah dari ketentuan biaya yang ditentukan pihak BMT. 3. Strategi yang dilakukan BMT antara lain: BMT melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga keuangan lain yang
mempunyai wewenang sebagai tempat pendaftaran haji bagi nasabah. Mitra BMT-UGT vii Sidogiri Cabang Bayeman memberikan bantuan dengan biaya ujrah yang rendah daripada
lembaga keuangan lain. 4. Kendala dasar dari BMT-UGT Sidogiri Cabang Bayeman yaitu BMT-UGT Sidogiri Cabang Bayeman merupakan sebuah koperasi dan tidak menjadi
salah satu lembaga keuangan yang ditunjuk Kemenag RI sebagai tempat pendaftaran porsi haji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghufron, Moh. IdilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Prosedur; Strategi Pemasaran; Dana Talangan; Pembiayaan al-Qard
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2012
Last Modified: 26 Feb 2015 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9576

Actions (login required)

View Item View Item