PENGELOLAAN SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Urifah, Khusnul (2011) PENGELOLAAN SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. IV.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. V.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Pustaka.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang menjadi fokus dalam dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Sidoarjo, problematika dan usaha yang dilakukan untuk mengantisipasi problemtika tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dalam menjawab permasalahan tesis ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis terhadap pengelolaan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Sidoarjo. Pandangan fenomenologis berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya yang terjadi dalam situasi-situasi tertentu, maka menurut pemahaman pandangan tersebut peneliti harus masuk dalam dunia konseptual obyek yang ditelitinya sedemikian rupa sehingga mengerti apa dan bagaimana sesuatu itu dibangun.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Sidoarjo sudah cukup bagus dan lancar. Tapi di SMA Negeri I Sidoarjo terlihat bahwa penekanan aspek kognitif lebih menonjol dari pada afektif dan psikomotor. Oleh karenanya hal itu bisa menjadi problem yang tampak dalam perilaku siswa-siswi.
Usaha yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan adalah pemilihan metode yang tepat, mempertimbangkan faktor emosional anak dalam merancang pembelajaran, pembinaan mental keagamaan, dan pembinaan sikap beragama. Adapun faktor yang mendukung terlaksananya pembelajaran di SMA Negeri I Sidoarjo salah satu diantaranya adalah sarana dan prasarana yang memadai

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Urifah, KhusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pendidikan Islam; Pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2012
Last Modified: 10 Apr 2015 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9583

Actions (login required)

View Item View Item