GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM USAHA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU : STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYATUS SHIBYAN ASEMROWO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Moh. Asroful (2011) GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM USAHA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU : STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYATUS SHIBYAN ASEMROWO SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah dalam Usaha Peningkatan Profesionalisme Guru (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana gaya kepemimpinan Kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru ? 2). Bagaimana supervisi Kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru? 3). Bagaimana peningkatan profesionalisme guru di MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya?
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana gaya kepemimpinan Kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru. (2). Bagaimana supervisi Kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru. (3). Bagaimana peningkatan profesionalisme guru di MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya.
Beberapa metode yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data sebagai sarana sumber penelitian tesis ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tanya jawab (interview).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah gaya kepemimpinan demokratis, yaitu pemimpin dalam meningkatkan profesionalisme guru menganggap bawahan (guru) sebagai partner, memberikan kebebasan berkreasi, berkreativitas dan meningkatkan profesionalnya, senang menerima saran, ide dan kritik bawahan, mengkomuni-kasikan kebijakan dan masalah, membangun tim kerja secara kekeluargaan, membangun gairah kerja dan memberikan kesempatan kepada bawahan untuk menduduki jabatan sesuai dengan kemampuan serta meningkatkan kesejahteraan secara adil.
Kesimpulan dari penelitian tesis ini adalah dengan kepemimpinan demokratis yang memperhatikan hubungan pribadi dengan situasi dan penggunaan strategi collaborative dapat dijadikan sarana bagi pemimpin untuk meningkatkan profesionalisme guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Moh. AsrofulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Profesionalisme Guru, Kepemimpinan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2012
Last Modified: 24 Feb 2015 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9587

Actions (login required)

View Item View Item