Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa Yang Prokrastinasi Akademik: studi kasus siswa kelas vii SMP Jati Agung (islamic full day school) Sidoarjo tahun pelajaran 2011-2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amiruddin, Amiruddin (2012) Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa Yang Prokrastinasi Akademik: studi kasus siswa kelas vii SMP Jati Agung (islamic full day school) Sidoarjo tahun pelajaran 2011-2012. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amiruddin_D03208083.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9627

Abstract

Setiap siswa pasti pernah mengalami kesulitan dalam belajar yang pada akhirnya akan menimbulkan permasalahan belajar. Salah satu bentuk permasalahan belajar adalah menunda-nunda dalam memulai atau mengakhir tugas yang diberikan sekolah yang sering disebut prokrastinasi akademik. Salah sati penyebab dari prokrastinasi akademik itu adalah lemahnya kontrol diri (self-control) siswa. Untuk meningkatkan kontrol diri itu salah satunya adalah dengan melalui bimbingan belajar yang memang didesain untuk meningkatkan kontrol diri siswa yang prokrastinasi akademik.Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui gambaran umum prokrastinasi akademik dan kontrol diri (self-control) siswa kelas VII serta untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar yang dilakukan guru BK SMP Jati Agung (Islamic Full Day School) Sidoarjo. Untuk mengetahui itu semua, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun objek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VII A dan dua siswa kelas VII B. Karena ini sifatnya studi kasus, maka lima siswa tersebut dijadikan objek semua dalam penelitian ini. Dari pendekatan diatas, didapat hasil bahwa terdapat lima siswa kelas VII SMP Jati Agung Sidoarjo yakni FL, AS, LV, PA dan FB yang kontrol dirinya bisa dikatakan rendah karena mereka kurang bisa mengontrol perilaku, kognitif dan keputusannya, sehingga mereka sering melakukan prokrastinasi akademik. Untuk meningkatkan kontrol diri mereka, guru BK memberikan layanan bimbingan belajar dengan menggunakan dua metode yaitu klasikal dan kelompok. Bimbingan belajar secara klasikal dilakukan oleh guru pelajaran dengan materi motivasi belajar sedangkan yang secara kelompok dilakukan oleh guru BK dengan materi motivasi belajar, menegemen waktu dan tugas dan cara membuat keputusan yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amiruddin, AmiruddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan Belajar
Keywords: Bimbingan Belajar; Self Kontrol Siswa; Prokrastinasi Akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2012
Last Modified: 14 May 2019 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9627

Actions (login required)

View Item View Item