This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rusyda Amiriah, Rusyda (2012) PENGEMBANGAN BUKU TEKS DENGAN PENDEKATAN KULTURAL MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN UNTUK KELAS VIII MTs NEGERI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
bab 6.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Buku teks merupakan salah satu faktor pendukung yang menentukan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Buku teks dengan pendekatan kultural matematika adalah buku
teks yang penyajiannya memadukan sejarah matematika, evolusi matematika dan ethnomatematika yang dapat memberikan pemahaman utuh terhadap matematika sehingga
siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika dan pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan buku teks dengan pendekatan kultural matematika pada sub pkok bahasan keliling dan luas lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kevalidan dan kepraktisan pengembangan buku teks dengan pendekatan kultural matematika pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran pada kelas VIII MTs Negeri Sidoarjo. Selain untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan buku teks dengan pendekatan kultural matematika pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran pada kelas VIII MTs Negeri Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan rancangan penelitian
mengacu pada model pengembangan menurut Thiagarajan yang dibatasi sampai tiga tahap antara lain tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Penelitian ini diuji cobakan pada 30 siswa kelas VIII C MTs Negeri Sidoarjo. Data penelitian dianalisis secara deskriptif
dan diperoleh data sebagai berikut: (1) kevalidan buku teks berkategori valid dengan skor rata-rata 3,79 dan kepraktisan buku teks berkategori praktis. (2) respon siswa memenuhi kriteria efektif (91,82% siswa merespon dalam kategori sangat positif). (3) hasil belajar siswa
memenuhi batas ketuntasan secara individual dan klasikal (80% siswa dinyatakan tuntas).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pendekatan Kultural Matematika; Keliling dan Luas; Lingkaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2012 | ||||||
Last Modified: | 15 Apr 2015 01:48 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9639 |
Actions (login required)
View Item |