STRATEGI DAKWAH REMAJA MASJID (REMAS) BAITUL-TAQWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEISLAMAN BRATANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Ira (2014) STRATEGI DAKWAH REMAJA MASJID (REMAS) BAITUL-TAQWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEISLAMAN BRATANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi dakwah remaja masjid (REMAS) Baitul-Taqwa dalam upaya meningkatkan nilai keislaman remaja Bratang Surabaya?. Serta, apa saja faktor pendukung dan penghambat REMAS Baitul-Taqwa dalam melakukan strategi dakwah terhadap remaja Bratang Surabaya?. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi dakwah REMAS Baitul-Taqwa, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat REMAS Baitul-Taqwa dalam melakukan strategi dakwah terhadap remaja Bratang Surabaya.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, analisis deskriptif interpretatif, serta menggunakan teori triangulasi untuk menguji kevaliditasan data. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwasanya terdapat 3 strategi yang digunakan REMAS Baitul-Taqwa, yaitu: strategi sentimentil (al-manhaj al-‘athifi), strategi tilawah, dan strategi ta’lim. Ketiga strategi tersebut tidak akan berjalan jika di dalam pelaksanaannya tidak terdapat asas sosiologis serta asas efektivitas dan evisiensi. Naik turunya antusias remaja yang tidak menentu, serta keterbatasan dana menjadi salah satu faktor penghambat REMAS. Akan tetapi adanya dukungan dari berbagai pihak, serta antusias para orang tua serta masyarakat setempat akan agenda-agenda yang sering diadakan oleh REMAS, khususnya PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) menjadi faktor pendukung untuk REMAS agar terus maju.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sulhawi Rubba
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, IraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Keywords: strategi dakwah; para remaja; nilai keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2015 06:30
Last Modified: 04 Feb 2015 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item