FAKTOR PENDORONG DALAM MENGGUNAKAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA SOSIAL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Jaya Hadi Sulung (2012) FAKTOR PENDORONG DALAM MENGGUNAKAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai hal-hal yang dapat mendorong seseorang dalam menggunakan Facebook. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mendorong seseorang dalam menggunakan Facebook. Faktor pendorong dalam menggunakan Facebook berdasarkan penelitian sebelumnya berupa koneksi sosial, berbagi identitas, fotografi, konten Facebook, investigasi sosial, berselancar (surfing) di jejaring sosial, dan memperbaharui (update) status.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis faktor. Sampel ini diambil dengan metode proporsional sampling dan cluster sampling sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang berupa skala likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis faktor menggunakan bantuan program komputer SPSS 15.0.
Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa faktor yang memberikan daya dorong yang paling tinggi bagi seseorang dalam menggunakan Facebook adalah faktor berselancar (surfing) di jejaring sosial. Kemudian diikuti oleh faktor investigasi sosial, memperbaharui status, berbagi identitas, konten Facebook, dan koneksi sosial. Sementara faktor fotografi, berdasar hasil analisa memiliki daya dorong yang kurang kuat bagi seseorang dalam menggunakan Facebook.
Untuk penelitian yang selanjutnya, peneliti hendaknya perlu mengetahui perkembangan terbaru mengenai situs jejaring sosial. Selain itu peneliti juga perlu mempertimbangkan dengan cermat mengenai berbagai gaya penggunaan Facebook baik melalui komputer pribadi, laptop, atau handphone.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lucky Abrorry
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Jaya Hadi SulungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Facebook; Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2012
Last Modified: 14 Apr 2015 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9741

Actions (login required)

View Item View Item