Penerapan metode Sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VII di SMP Islam Raden Paku Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmawati, Rochmawati (2012) Penerapan metode Sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VII di SMP Islam Raden Paku Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (807kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Drama adalah suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani). Sedangkan dramatik adalah jenis karangan yang dipertunjukkan dalam suatu tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sosiodrama (role playing) berasal dari kata sosio dan drama. Sosio berarti sosial atau masyarakat menunjukkan pada kegiatan-kegiatan sosial, dan drama berarti pertunjukkan, tontonan. Sosial atau masyarakat terdiri dari manusia yang satu sama lain saling membutuhkan dan berhubungan yang dikatakan hubungan sosial. Diharapkan dengan menggunakan metode sosiodrama siswa dapat melatih dirinya, memahami dan mengingat isi bahan yang akan didramakan. Sebagai pemain harus memahami, menghayati isi cerita secara keseluruhan. Diharapkan siswa dapat memunculkan bakat yang terdapat pada dirinya.Siswa akan terlatih untuk berinisiatif dan berkreatif. Tapi yang pernah kita temui dan bahkan kita alami sebagian guru belum menerapkan metode sosiodrama ini. Apalagi diperlukan waktu yang banyak, atau bahkan bisa mengganggu kelas lain oleh suara para pemain atau penonton yang kadang-kadang bertepuk tangan, dan lain-lain. Dan diperlukan juga keterampilan seorang guru dalam menerapkan metode sosiodrama ini dalam kaitannya dengan peningkatan kreativitas belajar siswa. Untuk memperoleh data yang representif dalam pembahasan skripsi ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku, ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah ; observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data meliputi, pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah, Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VII Di SMP Islam Raden Paku Surabaya. Alasan diterapkan adanya pola pengembangan pendidikan, visi,misi, tujuan dan target output serta adanya faktor pendukung dalam pelaksanaannya. Adapun hambatannya yaitu, karena memerlukan waktu yang cukup panjang dan kadang-kadang anak tidak mau memerankan sesuatu adegan karena malu, menyiapkan naskah dan sukar untuk memilih anak-anak yang berwatak cemerlang untuk memecahkan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmawati, Rochmawati--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Sosiodrama; Aqidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2012
Last Modified: 18 Jan 2018 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9860

Actions (login required)

View Item View Item