This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Miskiyah, Zakiyatul (2012) Efektifitas penggunaan Peer Group Counseling dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah akademik siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Zakiyatul Miskiyah_B07208080.pdf Download (962kB) |
Abstract
Kemampuan penyelesaian masalah akademik bagi siswa penting didalam kegiatan pembelajaran. Melalui proses penyelesaian masalah, siswa berlatih berpikir kritis, sistematis dan logis. Dengan kemampuan yang dimiliki siswa diharapkan siswa semakin cermat dalam melihat permasalahan yang sedang dihadapi. Namun pada kenyataannya yang terjadi di SMA 1 Gedangan Sidoarjo terdapat sebagian siswa yang belum mampu dalam menyelesaikan masalah akademiknya khususnya kelas XI IPS. Siswa yang memiliki kemampuan penyelesaian masalah akademik siswa rendah cenderung mereka tidak konsentrasi dalam hal apa pun, ia tidak peka dengan masalah yang dihadapi serta menganggapnya remeh. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah akademik tersebut salah satunya melalui layanan peer group counseling. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah peer group counseling efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah akademik siswa kelas XI IPS di SMA 1 Gedangan tahun ajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa peer group counseling efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah akademik siswa. Hipotesis yang diajukan adalah “ peer group counseling efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah akademik siswa”. Subjek penelitian ini sebanyak 10 siswa yang mempunyai tingkat kemampuan penyelesaian masalah akademik rendah dengan menggunakan purposive sampling. Adapun variabel yang diteliti yakni kemampuan penyelesaian masalah akademik siswa yang diukur dengan skala psikologi kemampuan penyelesaian masalah akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode non parametik dengan menggunakan uji Wilcoxon.
Dari hasil pengujian diperoleh sign 0,005 < 0,05 hal ini menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kemampuan penyelesaian masalah akademik sesudah diberikan perlakuan peer group counseling dan uji mean 5,50 > 0,05 dimana terjadi peningkatan tingkat kemampuan penyelesaian masalah akademik siswa sesudah perlakuan peer group counseling. Olek karenanya hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peer group counseling efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah akademik siswa
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Pendidikan > Pluralisme |
||||||
Keywords: | Peer Group Counseling; Kemampuan Penyelesaian Masalah Akademik Siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Jan 2006 | ||||||
Last Modified: | 29 Mar 2019 08:13 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9974 |
Actions (login required)
View Item |