TIPE BERPIKIR SISWA FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN DI KELAS IX MTsN KRIAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfiayah, Nikamatin (2012) TIPE BERPIKIR SISWA FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN DI KELAS IX MTsN KRIAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1.) Untuk mendeskripsikan tipe berpikir siswa field dependent dalam menyelesaikan soal kesebangunan. 2.) Untuk mendeskripsikan tipe berpikir siswa field independent dalam menyelesaikan soal kesebangunan. 3.) Untuk mendeskripsikan perbedaan tipe berpikir siswa field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal kesebangunan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mengetahui tipe berpikir siswa field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN Krian sebanyak 4 siswa yaitu 2 siswa dengan gaya belajar field dependent dan 2 siswa dengan gaya belajar field independent. Siswa diberikan GEFT (Group Embedded Figures Test) untuk membedakan gaya belajar siswa, kemudian diberikan soal tes uraian. Setelah mengerjakan soal dilakukan proses wawancara untuk mengetahui tipe berpikir siswa field dependent dan field independent dalam menyelesaiakan soal. Subjek yang terpilih untuk diwawancarai harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu subjek harus mengerjakan tes secara lengkap, ada prosesnya dan mampu berargumen dalam menjelaskan jawabannya. Siswa dikelompokkan pada tipe berpikir konseptual bila “siswa mampu menjelaskan langkah dan menggunakan konsep yang digunakan untuk menyelesaikan masalah”, untuk tipe berpikir semi konseptual bila “siswa kurang mampu menjelaskan langkah dan menggunakan konsep yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah”, dan untuk tipe berpikir komputasional bila “siswa tidak mampu menjelaskan langkah dan tidak menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah”.
Berdasarkan hasil analisis data terhadap tes tulis dan wawancara, sehingga diperoleh hasil yaitu 1.) Kelompok siswa dengan gaya belajar field independent cenderung memiliki tipe berpikir semikonseptual. 2.) Kelompok siswa dengan gaya belajar field dependent cenderung memiliki tipe berpikir komputasional. 3.) Kelompok siswa dengan gaya belajar field independent cenderung lebih analitis dalam menyelesaikan soal daripada kelompok siswa dengan gaya belajar field dependent.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfiayah, NikamatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Konseptual; Semikonseptual; Komputasional; Kesebangunan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2012
Last Modified: 13 Apr 2015 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10145

Actions (login required)

View Item View Item