Identifikasi struktur kognitif siswa dalam memahami konsep limit fungsi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Minanur (2012) Identifikasi struktur kognitif siswa dalam memahami konsep limit fungsi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (810kB)
[img] Text
Bab 3 4 5 6.pdf

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap struktur kognitif siswa dalam memahami konsep limit yang sudah dipelajarinya. Kuesioner yang dibagikan kepada 37 siswa kelas XI4 IPA SMAN 4 Sidoarjo selain bertujuan untuk melihat bagaimana pemahaman konsep limit fungsi siswa-siswa tersebut, juga bertujuan untuk memilih 9 siswa yang diharapkan berada pada setiap level pemahaman dalam teori Skemp. Dari hasil diskusi peneliti dengan guru bidang studi matematika kelas XI4 IPA, kesembilan siswa tersebut direduksi menjadi 3 siswa yang diharapkan mewakili masing-masing tahapan pemahaman Skemp. Selanjutnya ketiga siswa tersebut diwawancarai secara depth interview untuk melihat bagaimana struktur kognitif siswa tersebut memahami konsep limit fungsi. Struktur kognitif tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode genetic decomposition, dengan tujuan untuk melihat tingkatan struktur kognitif siswa yang berkaitan dengan konsep limit tersebut dalam beberapa teori kognitif domain. Kemudian dengan menggunakan metode Patrick Barmby akan dilihat tingkat pemahaman konsep limit siswa menurut teori pemahaman Skemp.
Berdasarkan penelitian ini, banyak siswa yang belum memahami hakikat dari konsep limit. Mereka banyak membuat kesalahan, baik dalam definsi limit itu sendiri, ataupun kesalahan dalam membuat hubungan antara konsep limit dan konsep fungsi. Tiga siswa yang menjadi subjek penelitian ini juga melakukan kesalahan yang serupa. Struktur kognitif yang mereka miliki masih perlu melakukan abstraksi lebih jauh tentang konsep limit fungsi, sehingga pemahaman konsep limit fungsi ke3 siswa tersebut menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Minanur--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Struktur kognitif; pemahaman konsep;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 15 Mar 2018 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10240

Actions (login required)

View Item View Item