PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saidah, Feni Rohmatus (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. I - IV.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. v.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. vi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan cabang ilmu pengetahuan eksak yang terorganisir secara sistematik dan memiliki peranan penting dalam sains dan teknologi. Tujuan pendidikan matematika adalah menumbuhkan penataan nalar atau kemampuan berpikir siswa yang berguna dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun penerapan matematika pada kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, dalam pembelajaran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk aktif belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah pemilihan pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses mental siswa secara maksimal. Ada beberapa pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah pendekatan Aptitude Treatment Interaction. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Aptitude Treatment Interaction pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII MTs Nurus Syafii yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 38 siswa kelas VIIIA MTs Nurus Syafii.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saidah, Feni RohmatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pendekatan Aptitude Treatment Interaction; Perangkat pembelajaran; Materi Kubus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 14 Apr 2015 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10246

Actions (login required)

View Item View Item