IMPLEMENTASI TEKNIK CYBERCOUNSELING DALAM PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI DI SMK PGRI 1 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karliana, Erin (2013) IMPLEMENTASI TEKNIK CYBERCOUNSELING DALAM PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI DI SMK PGRI 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Cybercounseling adalah salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling yang memanfaatkan koneksi internet. Kajian ini mencoba menemukan layanan bimbingan dan konseling yang mungkin akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan siswa dengan menggunakanfasilitas yang ada dalam internet, misalnya website, email, videoconverence, dan chat room.
Dunia internet semakin berkembang seiring dengan keinginan manusia untuk mencari terobosan baru dalam kemudahan memperoleh informasi. Kemudahan dalam memperoleh informasi itulah yang bisa dimanfaatkan oleh guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada konseli atau siswa.
Pemanfaatan internet dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling oleh guru BK menunjukkan keterampilan guru BK dalam menampilkan inovasi-inovasi kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah.
Layanan informasi merupakan layanan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa untuk membantu siswa memperoleh informasi yang dibutuhkan agar nantinya dapat dijadikan bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan siswa itu sendiri. Layanan informasi dalam bimbingan dan konseling mencakup empat bidang layanan, diantaranya adalah bimbingan dan konseling bidang pribadi, sosial, belajar atau pendidikan, serta karier. Cara yang digunakan dalam penyampaian layanan informasi adalah dengan cara langsung bertemu antara konselor dan siswa, dan cara tidak langsung atau memanfaatkan media penyampai informasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitiannya adalah guru BK, kepala sekolah, dan juga siswa.
Implementasi teknik cybercounseling dalam pemberian layanan informasi merupakan salah satu teknik atau cara penyampaian informasi oleh konselor kepada siswa secara tidak langsung. Dalam hal ini guru BK menggunakan media penyampai informasi yang disebut internet. SMK PGRI 1 Surabaya telah melaksanakan model layanan pemberian informasi berbasis internet ini, atau yang biasa disebut dengan cybercounseling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Ali Maksum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karliana, ErinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
?? IN ??
Keywords: Cybercounseling; Layanan Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2013
Last Modified: 20 Apr 2015 01:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10355

Actions (login required)

View Item View Item