ISTIKHDAM KURRAH AL HARRAH WARM BAL LI TANMIYAH MAHARAH KALAM THULLAB FI FASHL AL ASYIR BI MADRASAH AL ALIYAH AL FATTAH MOJOSARI MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Samsul (2013) ISTIKHDAM KURRAH AL HARRAH WARM BAL LI TANMIYAH MAHARAH KALAM THULLAB FI FASHL AL ASYIR BI MADRASAH AL ALIYAH AL FATTAH MOJOSARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Maharah kalam merupakan satu dari empat maharah dalam bahasa arab (istima, kalam, qiraah dan kitabah). Maharah kalam teramat penting bagi pembelajar bahasa arab, karena dengan maharah inilah mereka dapat berinteraksi antara satu dengan lainnya. Tidak terhenti sampai di situ, seseorang terkadang menilai orang lain dari kalam-nya. Sebab dari itulah maharah kalam menjadi fokus kajian dalam penelitian ini. Pembelajaran maharah kalam di Indonesia jamak macamnya, tanpa terkecuali pada Madrasah Aliyah al Fatah Mojosari Mojokerto. Namun fenomena berkata lain, pada lembaga tersebut pembelajaran maharah kalam sedikit meredup dalam artian kurang efektif-produktif, karena kebanyakan peserta didik tidak mampu berkomunikasi dengan bahasa arab secara aktif. Hal ini disebabkan karena minimnya media pembelajaran serta masih digunakannya bahasa pengantar (baca: bahasa Indonesia) dalam pengajaran bahasa arab.
Penelitian ini nantinya bermaksud memberikan sumbangsih media dalam meningkatkan maharah kalam siswa. Mungkin dengan menggunakan media ini siswa menjadi terbiasa berbicara dengan bahasa arab secara lancer dan benar sebagaimana mereka berbicara dengan bahasa ibunya. Karena media ini melatih siswa berbicara bahasa arab dengan cepat dan instan. Media ini juga melatih siswa menjadi lebih berani serta percaya diri untuk berkomunikasi dengan bahasa yang menjadi bahasa al-Quran yang agung itu. Dalam penelitian ini nantinya peneliti akan menggunakan metode penelitian deskriptif-analitis (one group pra-test and post-test) dengan metode itu diharapkan dapat mengukur gap atau selisih untuk mengetahui hasil dari eksperimen dalam penelitian ini. Peneliti mengakui bahwa dalam penelitian ini nantinya akan banyak ditemui kekurangan, sebagaimana kata pepatah tiada gading yang tak retak oleh karena itu amat diharapkan dari para pembaca kritik dan sarannya demi kesempurnaan penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Junaedi, M.Ag.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, SamsulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Warm Ball
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2013
Last Modified: 15 Apr 2015 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item