PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH SALAFIYAH BAHAUDDIN NGELOM SEPANJANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhaila, Siti (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH SALAFIYAH BAHAUDDIN NGELOM SEPANJANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari hasil observasi awal yang peneliti lakukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V dengan pokok bahasan menghargai suku bangsa dan budaya Indonesia di MI Salafiyah Bahauddin Ngelom Sepanjang belum mencapai KKM atau di bawah rata-rata, hal ini disebabkan salah satu faktor yaitu strategi yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga peserta didik kurang berminat untuk mengikuti proses pembelajaran. Menanggapi hal tersebut maka peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi the power of two dalam mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, yang akan dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar IPS siswa kelas V MI Salafiyah Bahauddin Ngelom Sepanjang sebelum menggunakan Strategi the power of two 2) Bagaimana penerapan Strategi the power of two pada pelajaran IPS siswa kelas V (lima) MI Salafiyah Bahauddin Ngelom Sepanjang 3) Bagaimana hasil belajar IPS siswa kelas V MI Salafiyah Bahauddin Ngelom Sepanjang setelah menggunakan strategi the power of two.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif
Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran the power of two dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Salafiyah Bahauddin Ngelom Sepanjang. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas cukup baik dengan angka 62.2% dan prosentase kelulusannya mencapai 56% besarnya prosentase ini sudah dikatakan baik tetapi perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi nilai yang lebih bagus 75.8% atau dapat dikategorikan baik, begitu juga dengan prosentase prestasi belajar mencapai 84% dan angka tersebut termasuk kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Zumrotul Mukaffa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhaila, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Hasil Belajar IPS; Strategi The Power of Two
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 06 Apr 2015 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10589

Actions (login required)

View Item View Item