PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN DI KELAS V A SDN GAYUNGAN II/423 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shobari, Tasi' (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN DI KELAS V A SDN GAYUNGAN II/423 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V A dalam pembelajaran pada materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan. Di SDN Gayungan II Surabaya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan berbagi bentuk pecahan. Maka perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan kerja sama yang salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) .
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan di kelas V A SDN Gayungan II Surabaya, (2). Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan di kelas V A SDN Gayungan II Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes. Adapun data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan di kelas V A SDN Gayungan II / 423 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shobari, Tasi'UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Keywords: STAD; Student Teams Achievement Division
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 06 Apr 2015 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10590

Actions (login required)

View Item View Item