PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) GRESIK DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK PENDIRIAN RUMAH IBADAH DI DESA MULUNG KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Zuni Anita (2013) PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) GRESIK DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK PENDIRIAN RUMAH IBADAH DI DESA MULUNG KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini ada empat poin utama, yaitu: 1) Penyebab terjadinya konflik pendirian rumah ibadah. 2) Teknik yang dilakukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Gresik dalam menyelesaikan konflik pendirian rumah ibadah. 3) Hambatan-hambatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Gresik dalam menyelesaikan konflik pendirian rumah ibadah. 4) Tindakan yang dilakukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menghadapi hambatan yang terjadi dalam menyelesaikan konflik pendirian rumah ibadah.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode observasi langsung yang ditunjang dengan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait, teknik ini digunakan agar peneliti memperoleh informasi dari informan dengan rasa kebersamaan tanpa adanya paksaan. Selanjutnya dianalisis dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber.
Konflik rentan terjadi di dalam masyarakat, apalagi yang mengenai pemeluk agama dan itu merupakan hal yang sangat wajar terjadi karena setiap pemeluk agama menginginkan agamanya menjadi unsur yang terbaik dari segala aspek. Konflik yang terjadi di Desa Mulung ini karena didirikannya dua gereja yang beraliran berbeda sehingga memicu keresahan masyarakat akan adanya Kristenisasi.
Pendirian rumah ibadah tersebut sudah hampir jadi, tetapi tidak memenuhi persyaratan pendiriannya baik secara administratif maupun persyaratan secara khusus. Teknik yang dilakukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yaitu dengan melakukan musyawarah kepada semua pihak baik masyarakat Muslim maupun non-Muslim tentang adanya kasus ini, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) juga meredam aksi warga yang akan berbuat anarkis dengan adanya kasus ini yaitu dengan membongkar paksa bangunan gereja yang sudah hampir jadi, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memberikan penyelesaian yang sangat bijaksana, sehingga umat Muslim dan non-Muslim tetap terjaga keharmonisannya.
Hambatan yang dialami Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menyelesaikan konflik yaitu masyarakat lokal dan masyarakat awam tidak mau tahu prosedur yang dijalankan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tidak adanya
proaktif dari pihak Kristen untuk menanggapi kasus ini, masyarakat sekitar melaporkan kasus ini setelah bangunan sudah hampir jadi. Adapun detail hasil penelitiannya secara lebih lanjut dapat dikaji dalam pembahasan selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Zuni AnitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? Om ??
Keywords: Konflik, Pendirian Rumah Ibadah, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2013
Last Modified: 06 Apr 2015 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10595

Actions (login required)

View Item View Item