Analisis keberhasilan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA GIKI 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aldayu, Adi Isma (2013) Analisis keberhasilan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA GIKI 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti masalah : (1) Apa saja indikator-indikator keberhasilan pendidikan karakter, dan (2) Bagaimana analisis pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA GIKI 3 Surabaya. Dalam rangka mengkaji rumusan masalah penelitian di atas, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Tahap-tahap penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA GIKI 3 Surabaya. Sesuai dengan permasalah ini, peneliti menggunakan informan terpercaya, yaitu kepala sekolah SMA GIKI 3 Surabaya, dan guru-guru di SMA GIKI 3 Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah dalam indikator-indikator keberhasilan pendidikan karakter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama yaitu peoses atau kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, ada perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi. Yang harus diperhatikan pertama kali ialah dalam perencanaan, bagaimana seorang pendidik harus membuat perangkat pembelajaran yang berlandaskan pendidikan karakter yang tersusun secara sistematis guna mengarahkan peserta didik pada indikator yang diharapkan. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran terbagi atas tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, pendidik harus memperhatikan metode dan media yang sesuai guna mendukung tercapainya penanaman nilai-nilai karakter yang diharapkan dari hasil perencanaan yang telah disusun. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, merupakan proses transferisasi nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Proses terahir yaitu evaluasi. Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guna mengetahui keberhasilan pendidikan karakter yang telah dilakukan sebelumnya. Selain dalam proses pembelajaran, prinsip-prinsip pendidikan karakter juga harus dipenuhi apabila ingin mencapai pendidikan karakter yang efektif. Selain itu faktor dari dalam diri anak dan lingkungan tempat dia tinggal juga sangat mempengaruhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aldayu, Adi Isma--D31209061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 16 Sep 2020 09:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item View Item