This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aldayu, Adi Isma (2013) Analisis keberhasilan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA GIKI 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
bab 6.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini meneliti masalah : (1) Apa saja indikator-indikator keberhasilan pendidikan karakter, dan (2) Bagaimana analisis pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA GIKI 3 Surabaya. Dalam rangka mengkaji rumusan masalah penelitian di atas, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Tahap-tahap penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA GIKI 3 Surabaya. Sesuai dengan permasalah ini, peneliti menggunakan informan terpercaya, yaitu kepala sekolah SMA GIKI 3 Surabaya, dan guru-guru di SMA GIKI 3 Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah dalam indikator-indikator keberhasilan pendidikan karakter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama yaitu peoses atau kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, ada perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi. Yang harus diperhatikan pertama kali ialah dalam perencanaan, bagaimana seorang pendidik harus membuat perangkat pembelajaran yang berlandaskan pendidikan karakter yang tersusun secara sistematis guna mengarahkan peserta didik pada indikator yang diharapkan. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran terbagi atas tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, pendidik harus memperhatikan metode dan media yang sesuai guna mendukung tercapainya penanaman nilai-nilai karakter yang diharapkan dari hasil perencanaan yang telah disusun. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, merupakan proses transferisasi nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Proses terahir yaitu evaluasi. Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guna mengetahui keberhasilan pendidikan karakter yang telah dilakukan sebelumnya. Selain dalam proses pembelajaran, prinsip-prinsip pendidikan karakter juga harus dipenuhi apabila ingin mencapai pendidikan karakter yang efektif. Selain itu faktor dari dalam diri anak dan lingkungan tempat dia tinggal juga sangat mempengaruhi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Karakter | ||||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2013 | ||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2020 09:19 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10602 |
Actions (login required)
View Item |