KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK : STUDI KOMPARASI PADA PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI DAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL ATTAS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Ainiyatul (2013) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK : STUDI KOMPARASI PADA PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI DAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL ATTAS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Konsep Pendidikan Akhlak (Studi Komparasi Pada Pemikiran Imam Al Ghazali dan Syed Muhammad Naquib Al Attas ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Imam Al Ghazali dan Syed Muhammad Naquib Al Attas, selain itu juga untuk mengetahui persamaan dan juga perbedaan pemikiran kedua tokoh tersebut.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif komparatif dan merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode deskriptif komparatif disini menggambarkan dan juga membandingkan pemikiran pendidikan akhlak antara Imam Al Ghazali dan Syed Naquib Al Attas.
Setelah penelitian ini di selesaikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan pemikiran pendidikan akhlak Imam Al Ghazali dan Syed Muhammad Naquib Al Attas yaitu esensi dari manusia yaitu nafs, qalb, ruh dan aql, tujuan Pendidikan akhlak yang berorientasi pada pembentukan akhlakul karimah dan pendekatan diri kepada Allah SWT dan sifat keikhlasan yang harus dimiliki oleh guru dan murid dalam proses pembelajaran, sedangkan perbedaannya adalah dalam hal pengertian pendidikan akhlak, metode pendidikan akhlak, Al Ghazali menggunakan metode Tazkiyah An Nafs, Mujahadah, dan Riyadhoh, sedangkan Al Attas menggunakan metode Metafora, Tauhid, dan cerita dan terakhir adalah persyaratan menjadi pendidik dan peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Yahya Aziz
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, AiniyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Pendidikan Akhlak; Studi Perbandingan; Imam Al Ghazali; Syed Muhammad Naquib Al Attas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item