STUDI KOMPARATIF BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN SIKAP BERAGAMA SISWA DI SMA WACHID HASYIM 1 DAN SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prastya, Andik (2013) STUDI KOMPARATIF BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN SIKAP BERAGAMA SISWA DI SMA WACHID HASYIM 1 DAN SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penyusunan bahan ajar―sebagai instrumen penanaman nilai-nilai beragama―yang kurang tepat, akan berpengaruh terhadap pemahaman Pendidikan Agama Islam peserta didik yang kurang optimal. Karenanya, perlu adanya analisis mendalam terhadap kecukupan dan relevansi buku ajar terhadap sikap beragama siswa. Penelitian ini berusaha mendiskripsikan bagaimana karakteristik buku ajar Pendidikan Agama Islam di SMA Wachid Hasyim 1 dan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, kemudian menganalisis perbedaan kedua buku ajar dan relevansinya terhadap sikap beragama siswa.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menunjuk pokok permasalahan analisis Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam, kemudian ditindak lanjuti dengan meneliti relevansinya dengan sikap beragama siswa di SMA Wachid Hasyim 1 dan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Rumusan masalah yang dimaksud, akan dikaji secara deskriptif, komparatif dan asosiatif. Adapun pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan triangulasi sumber dan untuk memperkuat validitas data juga akan diterapkan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua buku ajar tersebut lebih berorientasi pada pendalaman dan keluasan materi. Adapun evaluasi bagi kedua buku ajar, terletak dalam hal tidak adanya bantuan ilustrasi, tidak ada keseimbangan dalam penyajian istrumen evaluasi kompetensi, dan keduanya belum mencantumkan daftar transliterasi Arab-Latin, indeks, dan acuan pustaka. Dalam variabel sikap beragama siswa SMA Wachid Hasyim 1, data yang diperoleh menunjukkan kebiasaan berbagai ibadah, masuk dalam kategori positif lebih dari 79%. Sementara sikap beragama siswa SMA Muhammadiyah 2, prosentasenya hampir seimbang antara kebiasaan yang masuk dalam kategori positif dan negatif. Kebiasaan ibadah dalam kategori positif tidak lebih dari 58%. Peneliti menemukan bahwa keberadaan buku ajar pada lingkungan sekolah SMA Wahid Hasyim 1 bersifat reciprocal atau saling mempengaruhi. Sementara keberadaan buku ajar SMA Muhammadiyah 2 hanya sebatas mempunyai hubungan yang simetris dengan sikap beragama siswa. Kebiasaan sikap beragama siswa SMA Muhammadiyah 2 lebih banyak dipengaruhi oleh kegiatan-kegiatan sekolah, bukan karena keberadaan buku ajar.
Dari penelitian ini diharapkan adanya evalusi kelayakan isi dan kelayakan penyajian buku ajar secara periodik oleh pihak yang berwenang, karena relevansi buku ajar terhadap minat dan kebutuhan siswa selalu berkembang. Beberapa muatan isi yang penting agar ditambahkan dalam perumusan buku ajar selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Mahjuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prastya, AndikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Buku Ajar; PAI; Sikap Beragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 01 Apr 2015 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item View Item