This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmawati, Ariska Nur (2013) PERANAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN SEKOLAH : STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Kondisi dilapangan terkadang masih belum sesuai dengan keadaan yang terjadi di masyarakat saat ini, sikap remaja yang semakin tidak terkontrol. Adapun permasalahan yang akan dikaji pada skripsi ini adalah, Pertama, Bagaimana Pengembangan kurikulum PAI di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, Kedua, Bagaimana keunggulan SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, Ketiga, Bagaimana Peranan Pengembangan kurikulum PAI dalam meningkatkan keunggulan sekolah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sedangkan pendekatannya memakai diskriptif-analisis dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis yang diguanakan dalam penelitian menggunakan teknik triangulation yaitu Triangulasi sumber data, yaitu cara membandingkan pengamatan tentang peranan pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keunggulan SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan Pertama, pengembangan kurikulum di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Kurikulumnya disusun dengan merujuk pada dua arah yang umum merujuk pada DIKNASMEN Nasional sedangkan yang pendidikan Agama Islam merujuk pada DIKNASMEN Muhammadiyah dengan karakteristik yang ada di kurikulum SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, yang pertama Curiculum as experience, kurikulum sebagai seperangkat pengalaman pengalaman yang telah direncanakan. yang kedua Curiculum as curere, kurikulum sebagai suatu proses dari pada pemberian pengertian terus menerus, kurikulum ini menggunakan pendekatan Grass roots. Keunggulannya mampu bersaing dalam dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, berprestasi, berketrampilan dan berakhlak mulia dan juga merupakan sekolahan menuju sekolah internasional dengan menjalin kerjasama dengan sekolah singapore, malaysia, dan kore selatan. Peranan pengembangan kurikulum PAI dengan memperbaiki kualitas siswa supaya memiliki keunggulan khusus dalam penanaman nilai-nilai Islami, baik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur an, pembinaan iman dam taqwa, ibadah dan kultum.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum Pendidikan > Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Pengembangan Kurikulum PAI; Keunggulan Sekolah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2015 03:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10613 |
Actions (login required)
View Item |