MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PROGRAM BACA TULIS AL QUR AN (BTQ) MELALUI MODEL AN NAHDLYIYAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL FITRAH KEDINDING LOR SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irnawati, Ira (2013) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PROGRAM BACA TULIS AL QUR AN (BTQ) MELALUI MODEL AN NAHDLYIYAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL FITRAH KEDINDING LOR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan upaya peningkatan kemampuan membaca Al Qur an, yang salah satu realisasinya dengan cara Al Qur an diajarkan disekolah-sekolah baik negeri maupun swasta. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal membaca, menulis, menghafal, memahami dan mengamalkan kandungan al Qur an. Mengingat hal itu disusun program pembelajaran ekstrakurikuler al Qur an dalam program manajemen ekstrakurikuler baca tulis Al Qur an. Manajemen ekstrakurikuler adalah suatu proses mengatur atau mengelola kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka di dalam kelas. Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler mempunyai struktur organisasi yang berada di dalam OSIS. Manajemen ekstrakurikuler menggunakan langkah-langkah perencanaan,pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.
Skripsi ini adalah hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qur an (BTQ) melalui model An-Nahdliyah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fithrah Kedinding Lor Surabaya?Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qur an (BTQ) melalui model An-Nahdliyah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fithrah Kedinding Lor Surabaya? Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qur an (BTQ) melalui model An-Nahdliyah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fithrah Kedinding Lor Surabaya? Data penelitian dihimpun melalui metode pengumpulan data (interview, observasi, dan dokumentasi) serta menentukan instrumen yang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti dan selanjutnya dianalisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qur an (BTQ) melalui model An-Nahdliyah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fithrah Kedinding Lor Surabaya direncanakan dengan prinsip partisipatory dengan warga sekolah/ madrasah: perencanaan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang serta uraian prosedur perencanaan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qur an (BTQ) melalui model An-Nahdliyah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fithrah Kedinding Lor Surabaya melibatkan banyak pihak(partisipatif) dengan sistem pembagian kerja(job Description) secara efektif memuat: pengorganisasian pelaksanaan program kerja, waktu pelaksanaan program kerja, pembina/pelatih, jumlah anggota, pembiayaan, tempat, sarana dan prasarana, serta penilaian. Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qur an (BTQ) melalui model An-Nahdliyah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fithrah Kedinding Lor Surabaya bersifat menyeluruh serta pola pengawasan dilakukan secara terpadu, transparan dan berkesinambungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irnawati, IraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Baca Tulis Al Qur an, Ekstrakurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 20 Apr 2015 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

View Item View Item