PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH ASY SYAFI'IYAH CANDI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najiyah, Latifatun (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH ASY SYAFI'IYAH CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Asy Syafiiyah Candi Sidoarjo ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Diniyah Asy Syafiiyah, Apa Saja Faktor Pendukung Pelaksanaan Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching, Serta Apa Saja Faktor Penghambat Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Diniyah Asy Syafiiyah Candi Sidoarjo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang berbentuk kuantitatif deskriptif analistis dengan pendekatan studi kasus yaitu penelitian yang bersifat pengumpulan data, menguraikan dan menghitung data yang ada dan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata baik tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, sedangkan hasil analisis datanya dipaparkan dalam bentuk uraian suatu perhitungan skor dari prestasi belajar siswa , yang terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara atau interview dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif deduktif. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengecekan keabsahan data adalah perhitungan kevalidtan variabel yang dipakai, ketekunan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Adapun teknik interview dan teknik angket terbuka yang digunakan oleh peneliti adalah pengumpulan data, perhitungan data, dan sumber.
Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Madrasah Diniyah Asy Syafiiyah Candi Sidoarjo telah menerapkan dan melaksanakan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Fiqih dengan baik, serta sesuai dengan prinsip dan langkah-langkah yang ada. Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Asy Syafiiyah Candi Sidoarjo ini diantaranya adalah, kesesuaian kandungan materi dalam fiqih, kesesuaian materi dengan strategi pembelajaran yang digunakan, ketersediaan sarana dan prasarana, dukungan kepala madrasah dan guru serta adanya minat dan motivasi belajar siswa.
Meski demikian terdapat beberapa faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Asy Syafiiyah Candi Sidoarjo diantaranya adalah alokasi waktu yang kurang yakni satu kali pertemuan dalam satu minggu dengan durasi waktu 60 menit yang terkadang berakibat pada hasil belajar yang kurang optimal. Skill berbicara yang kurang merata pada semua siswa terkadang membuat siswa kurang percaya diri saat mengeluarkan argumentasi serta pengalamannya.
Namun pada intinya, pelaksanaan strategi pembelajaran Quantum Teaching pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah ini sudah berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Abdul Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najiyah, LatifatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Quantum Teaching; Prestasi Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 31 Mar 2015 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10643

Actions (login required)

View Item View Item