IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SUNAN BONANG PARENGAN TUBAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ernawati, Ruly (2013) IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SUNAN BONANG PARENGAN TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini menganalisa bagaimana implementasi lesson study berbasis sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban. Untuk mendapatkan data tentang penjelasan bagaimana landasan dan implementasi lesson study berbasis sekolah di madrasah, peneliti menggunakan dua macam jenis penelitian yaitu library research dan field research. Untuk memperoleh data di lapangan dalam rangka endeskripsikan dan menjawab fokus penelitian yang sedang diamati peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, madrasah berupaya untuk mengembangkan profesionalisme guru dengan mengimplementasikan lesson study berbasis sekolah. Lesson study berbasis sekolah dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Guru mata pelajaran Fiqih melakukan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran lain dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran di kelas, observasi kelas dan juga refleksi pembelajaran dengan menerapkan prinsip saling belajar demi keefektifan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.
MTs Sunan Bonang telah mengimplementasikan lesson study berbasis sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. setelah diimplementasikan lesson study berbasis sekolah, sebagian siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Siswa yang dulunya kurang bersemangat menjadi semangat dalam pembelajaran Fiqih karena guru memiliki kreatifitas dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Siswa yang belum aktif dalam pembelajaran sudah mulai berani bertanya peningkatan apabila kurang memahami materi. Sebagian siswa juga mengalami peningkatan nilai setelah diadakan tes formatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : M. Musthofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ernawati, RulyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Lesson Study Berbasis Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item