KOMUNIKASI EFEKTIF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : STUDI KUALITATIF DI PAUD AZ-ZAHRA PRESCHOOL GRIYA PERMATA GEDANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Masita (2013) KOMUNIKASI EFEKTIF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : STUDI KUALITATIF DI PAUD AZ-ZAHRA PRESCHOOL GRIYA PERMATA GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini di lembaga PAUD Az-Zahra Preschool Griya Permata Gedangan Sidoarjo? (2) apa metode pembelajaran yang digunakan dalam proses komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini?
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang berguna untuk memberikan deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai pelaksanaan komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini dan metode yang digunakan dalam proses komunikasinya.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Dalam pelaksanaan komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini, pada lembaga PAUD Az-Zahra Preschool dilaksanakan dengan terlebih dahulu merencanakan program-program pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya.
Kegiatan pembelajaran tertata dalam urutan yang jelas dari penataan lingkungan main sampai pada pemberian pijakan-pijakan (scaffolding). Setiap tahap perkembangan bermain anak dirumuskan secara jelas, sehingga dapat menjadi acuan bagi pendidik melakukan penilaian perkembangan. (2) Metode bermain sambil belajar adalah metode yang paling tepat digunakan pada pendidikan anak usia dini (PAUD) karena Pengalaman bermain yang menyenangkan dapat merangsang perkembangan anak baik secara fisik, emosi, kognisi, maupun sosial.
BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau yang biasa disebut dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran dianggap paling ideal diterapkan pada PAUD karena tidak memerlukan peralatan yang banyak tetapi kecerdasan anak tetap bisa dioptimalkan. BCCT mampu merangsang seluruh aspek kecerdasan anak melalui bermain yang terarah. Setting pembelajarannya mampu merangsang anak saling aktif, kreatif dan terus berpikir dengan menggali pengalamannya sendiri.
Dari uraian hasil penelitian yang ditemukan di atas menyimpulkan bahwa komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini dapat dicapai melalui perencanaan program pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya serta menggunakan metode bermain sambil belajar yaitu metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau pendekatan sentra dan saat lingkaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Ali Nurdin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, MasitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Pendidikan > Anak
Keywords: Komunikasi Efektif; Pelaksanaan; Metode; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 09:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

View Item View Item