IMITASI BAHASA NON VERBAL OLEH ANAK PAUD PELANGI DALAM FILM TIMMY TIME: STUDI KASUS DI PAUD PELANGI KELURAHAN JEMUR WONOSARI, KECAMATAN WONOCOLO, SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murtatik, Puji Dewi (2013) IMITASI BAHASA NON VERBAL OLEH ANAK PAUD PELANGI DALAM FILM TIMMY TIME: STUDI KASUS DI PAUD PELANGI KELURAHAN JEMUR WONOSARI, KECAMATAN WONOCOLO, SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai Imitasi Bahasa Non Verbal oleh Anak-anak usia dini pada tayangan film animasi yang ditontonnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Imitasi Bahasa Non Verbal oleh Anak pada film animasi yang ditonton. Fokus penelitiannya adalah untuk mengetahui proses dan bentuk Imitasi Bahasa Non Verbal oleh Anak anak usia dini dalam Film Timmy Time. Proses peniruan karakter oleh anak anak baik yag berupa tindakan, respon, sikap emosional dan pengertian akan lingkunganya. Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana proses imitasi bahasa Non Verbal berlangsung pada anak anak PAUD Pelangi. Tinjauan pustaka yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah konsep dimana proses imitasi, tayangan film animasi, Anak-anak PAUD dan proses komunikasi Non Verbal berlangsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode penelitian tipe penelitian kualitatif deskriptif. Sasaran dalam penelitian ini adalah Anak-anak PAUD Pelangi, film film animasi bisu, dan bentuk imitasi pada bahasa Non Verbal. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara alami (Nature Intervew), observasi dan dokumentasi. Sehingga unit analisis yang diperoleh yaitu berupa narasi narasi dari hasil wawancara yang diperoleh dari informan, observasi, maupun dokumentasi yang dilakukan.
Hasil dan analisis temuan data memperlihatkan bahwa setiap Anak anak PAUD pelangi yang menonton film animasi timmy time selalu melakukan tindakan berupa Imitasi atau peniruan baik tingkahlaku, tindakan, respon, sikap emosional dan pengertian akan lingkunganya. Setiap prilaku mereka tergambar bahasa bahasa Non verbal berupa tanda dan simbol simbol pola komunikasi yang di gunakan dalam proses sosial mereka disekolah. Bentuk rekomendasi yang bisa dilakukan ialah bagi Orang Tua hendaknya selalu mendampingi Putra putrinya ketika menonton tayangan televisi dan untuk Ibu Guru PAUD hendaknya selalu bersikam luwes dan selalu membaur pada dunia Anak anak sehingga pola pikir dan tingkalaku anak bisa terbentuk dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murtatik, Puji DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Nabi
Keywords: Imitasi, Bahasa Non Verbal, Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item View Item