MENGATASI KECEMASAN SISWA PADA PELAKSANAAN IMTIHAN MELALUI TEKNIK RELAKSASI DI TPA IBNU HAJAR KENDUNG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyikhoh, Lina Nimatur (2013) MENGATASI KECEMASAN SISWA PADA PELAKSANAAN IMTIHAN MELALUI TEKNIK RELAKSASI DI TPA IBNU HAJAR KENDUNG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Taman Pendidikan Al Quran (TPA) merupakan sebuah lembaga pendidikan luar sekolah yang menitikberatkan pengajaran pada pembelajaran membaca Al Quran dengan muatan tambahan yang berorientasi pada pembentukan akhlak dan kepribadian islamiah. Berdasarkan undang-undang Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Pendidikan Islam Taman Pendidikan AL-Quran (TPA) adalah bagian terpadu dari pendidikan nasional untuk memenuhi hasyat masyarakat tentang pendidikan agama dan termasuk ke dalam pendidikan yang dilembagakan dan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam penguasaan terhadap pengetahuan agama Islam. Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pembelajaran yang selama ini dilakukan guru terhadap para siswanya. Untuk menilai dan mengukur seberapa keberhasilan siswanya diperlukan evaluasi. Evaluasi ini digunakan untuk menilai dan mengukur seberapa keberhasilan siswanya dalam mengikuti pembelajaran. Evaluasi tersebut dapat dilihat melalui ujian. Ujian dalam lingkungan TPA dan lembaga pendidikan islam lainnya biasa dikenal dengan istilah imtihan sering menimbulkan kecemasan yang harus diberikan tehnik untuk mengurangi kecemasan tersebut.
Dengan demikian penulis mengambil obyek penelitian di TPA Ibnu Hajar Kendung di jl. Kendung, Gang 1 No.40 kelurahan sememi, kecamatan benowo surabaya.Surabaya, dengan judul skripsi MENGATASI KECEMASAN SISWA PADA PELAKSANAAN IMTIHAN MELALUI TEKNIK RELAKSASI DI TPA IBNU HAJAR KENDUNG SURABAYA. Adapun rumusan masalah adalah: 1. Bagaimana Mengatasi Kecemasan Siswa Pada Pelaksanaan Imtihan Di TPA Ibnu Hajar Kendung Surabaya?: 2.Bagaimana Tehnik Relaksasi Mengatasi Kecemasan Pada Pelaksanaan Imtihan di TPA Ibnu Hajar Kendung Surabaya?: 3.Apa sajakah faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan tehnik relaksasi dalam mengatasi kecemasan pada pelaksanaan imtihan di TPA Ibnu Hajar Kendung Surabaya?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, interview, serta dokumentasi, untuk mencapai hasil data yang valid dan representatif serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. untuk mengetahui pemberian tehnik relaksasi untuk mengatasi kecemasan siswa pada pelaksanaan imtihan di TPA Ibnu Hajar Kendung Surabaya. Berdasarkan dari hasil penelitian melalui berbagai macam metode, hasil yang diketahui tentang Mengatasi kecemasan siswa pada pelaksanaan imtihan melalui tehnik relaksasi adalah santri yang merasa cemas menghadapi imtihan adalah ketidaksiapan siswa karena kurang belajar, dan faktor lainnya. Untuk merilekskan siswa maka di berikanlah tehnik relaksasi untuk mengatasi kecemasan siswa pada pelaksanaan imtihan. Faktor penghambat : konsentrasi siswa yang tidak bisa fokus pada tahap akhir pemberian tehnik relaksasi dikarenakan sudah terburu-buru ingin pulang . orang tua siswa yang menjemput, karena tidak sabar menunggu anaknya kemudian masuk ke lingkungan TPA dan mengintip anaknya dari jendela. Membuat konsentrasi di tahap akhir tidak fokus. Pada pemberian kertas untuk menuliskan perasaan yang dialami setelah mendapat tehnik relaksasi yang tidak tahu maksud pemberian kertas itu tidak mau bertanya dan tidak mau mengisi. Bagi siswa yang masih kecil tidak mau mengisi kertas uraian, namun hal ini dimaklumi karena faktor usia.Faktor pendukung : kesediaan fasilitas yang mendukung dan persiapan yang baik. Tempat pemberian tehnik relaksasi dilakukan di musholla yang cukup luas dan mampu menampung siswa. Lokasi TPA yang jauh dari jalan raya maupun jalan umum tidak bising , menjadikan pemberian tehnik relaksasi cukup kondusif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Taufiq Subty
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyikhoh, Lina NimaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Kecemasan
Keywords: Kecemasa Siswa; Imtihan; Teknik Relaksasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2014
Last Modified: 04 Apr 2015 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10839

Actions (login required)

View Item View Item