KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Dita Ratna (2013) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini manusia dibawa dalam suatu jaman yaitu sebuah Era yang menuntut pada persaingan bebas yaitu era globalisasi. Telah kita lihat gelombang globalisasi yang melanda seluruh dunia. Melihat realita yang ada dalam kehidupan masyarakat, globalisasi selain membawa dampak positif bagi kehidupan juga membawa dampak negatif, dari fenomena yang berkembang dalam masyarakat dapat diambil contoh bahwa dampak positif dari globalisasi adalah munculnnya daya saing yang kuat dalam berkompetisi yang dapat mencetak sumber daya manusia yang hebat. Adapun dampak negatif dari globalisasi ialah globalisasi memunculkan satu kebiasaan baru dalam masyarakat yang dapat mengancam moral dan karakter bangsa terutama peserta didik. Dengan demikian manusia dengan mudah terjerumus keberbagai penyelewengan dan kerusakan moral dengan maraknya pergaulan bebas dan ancaman pornografi, kekerasan, dan kerusuhan yang berujung pada tindak anarkis, perampasan hak orang lain, pelecehan seksual, pembunuhan. Dalam rangka mengantisipasi hal tersebut seorang tokoh pendidikan Nasional yaitu Ki Hadjar Dewantara yang mempunyai gagasan tentang konsep pendidikan karakter.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara serta apa kontribusinya terhadap perkembangan zaman saat ini. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk Dari latar belakang tersebut penulis mengambil langkah untuk menganalisisnya atau menelitinya dengan tujuan mengetahui konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara serta apa kontribusinya terhadap perkembangan zaman saat ini, sehingga dapat digunakan sebagai kontribusi pemikiran dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research.
Sedangkan metode dalam mengumpulkan data adalah dengan mencari data dokumentasi atau yang lainnya dari berbagai sumber yang sejalan dengan penelitian ini. Kemudian metode analisis data yang dipakai oleh penulis adalah content analysis dan interpretasi data.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disampaikan di sini bahwa konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara adalah menanamkan moral pada anak didik dengan menggunakan konsep dasar Ing Ngarsa Sung Tuludha, Ing Madya Mangan Karsa, Tut Wuri Handayani yang bertujuan untuk memberikan nasehat- nasehat, materi-materi, anjuran-anjuran yang dapat mengarahkan anak pada kesadaran akan perbuatan baik yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, mulai dari masa kecilnya sampai pada masa dewasanya agar terbentuk watak dan karakter kepribadian yang baik untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin.
Banyak sekali kontribusi yang diberikan Ki Hadjar Dewantara melalui konsep pendidikan karakternya bagi perkembangan zaman saat ini yang sedang mengalami dekadensi moral berkepanjangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Yahya Aziz
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Dita RatnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter; Ki Hadjar Dewantara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 13 Apr 2015 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item