This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Latifah, Reni (2013) KURIKULUM INTEGRAL : STUDY TENTANG PENINGKATAN KUALITAS PEMAHAMAN MATERI PAI SISWA DI SMP AL-FALAH DELTASARI MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (741kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Fokus Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Kurikulum Integral (Study Tentang Peningkatan Kualitas Pemahaman Materi Pai Siswa di Smp Al-Falah Deltasari Melalui Pengembangan Kurikulum).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru, kepala sekolah, dan para siswa di SMP al-Falah Deltasari dengan mencari data melalui interview, observasi dan menggunakan administrasi yang ada.
Akhir dari penelitian ini, peneliti memperoleh kesimpulan bahwa bentuk kurikulum integral di SMP al-Falah Deltasari adalah kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam setiap pembelajaran yang disebut dengan Kurikulum INIS. Kurikulum ini memadukan berbagai macam kurikulum yang sudah ada seperti Kurikulum Kemendiknas, Kemenag, TPQ dan Kurikulum yang didesign sendiri oleh Lembaga Pendidikan al-Falah. Integrasi nilai-nilai keislaman tersebut diambil dari al-Quran, al-Hadits, pendapat ulama, kata hikmah, hasil riset ilmiah, pesan moral dan pengalaman spiritual. Melalui upaya mengintegrasikan nilai-norma serta materi-materi keislaman (dengan rujukan Al Quran dan Hadits) ke dalam semua bidang pendidikan dan pengajaran.
Dalam pelaksanaanya, kurikulum integral di SMP al-Falah Deltasari sudah diterapkan dalam setiap kegiatan pembelajatan. Penerapan ini berlaku melalui tiga jalur, yakni menejemen sekolah, praktek pembelajaran dan administrasi pembelajaran di kelas maupun di luar kelas serta integrasi yang ditanamkan dalam pembelajaran ekstrakurikuler.
Pemahaman siswa pada bidang Studi Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya kurikulum integral (INIS) adalah sangat baik dan sangat meningkat. Hal ini ditandai dengan kemampuan siswa untuk mencerna secara cermat dan tepat materi PAI serta pelaksanaan praktek ibadah yang tertib.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Syaifuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||
Keywords: | Kurikulum Integral, INIS, Pemahaman, Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 20 Apr 2015 00:43 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10891 |
Actions (login required)
View Item |