PENGARUH MUATAN LOKAL KAJIAN KITAB MABADI AL-FIQHIYAH TERHADAP PEMAHAMAN MATERI FIQIH DI MTS. NEGERI SURABAYA II

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irmawati, Irmawati (2013) PENGARUH MUATAN LOKAL KAJIAN KITAB MABADI AL-FIQHIYAH TERHADAP PEMAHAMAN MATERI FIQIH DI MTS. NEGERI SURABAYA II. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini banyak bermunculan persoalan mengenai pendidikan agama yang diberikan oleh instansi atau lembaga pendidikan. Berbagai kritikan tersebut mengenai eksitensi mata pelajaran agama. Agama sendiri mempunyai peranan yang sangat penting, tetapi dalam kenyataanya alokasi waktu mata pelajaran agama sangat kurang yaitu 2 jam pelajaran. Oleh karena itu untuk mengatasi kekurangan jam mata pelajaran tersebut sekolah dituntut untuk menambah jam pelajaran agama diluar jam mata pelajaran agama baik berupa muatan lokal.
Muatan lokal inilah yang harus dikembangkan oleh sekolah dengan menyesuaikan potesni yang ada disekitar sekolah agar anak didik terhindar dari keterasingan terhadap lingkungan sekitar. Muatan lokal kajian kitab Mabadi Al-Fiqhiyah inilah yang digunakan untuk mengatasi persoalan pendidikan agama dan kekurangan alokasi waktu mata pelajaran agama. pelaksanaan muatan lokal ini juga diharapkan dapat memperdalam wawasan siswa pada materi fiqih dan menambah pemahaman siswa terhadap materi fiqih.
Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi bagaimana pelaksanaan muatan lokal kajian kitab Mabadi Al-Fiqhiyah?, bagaimana pengaruh muatan lokal kajian kitab Mabadi Al-Fiqhiyah terhadap pemahaman materi fiqih siswa?. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakann penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dari hasil perhitungan. Untuk menganilis data tentang pelaksanaan pembelajaran muatan lokal kajian kitab Mabadi Al-Fiqhiyah menggunakan rumus prosentase, sedangkan analisis terhadap pengaruh muatan lokal kajian kitab Mabadi Al-Fiqhiyah terhadap pemahaman materi fiqih siswa menggunakan rumus product momen. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan dari muatan lokal kajian kitab Mabadi Al-Fiqiyah terhadap pemahaman materi fiqih yaitu kuat. Hasil ini terbukti dari perhitungan dengan SPSS dan perhitungan manual rxy =0, 643. Apabila dibandingkan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5 % dan 1 % maka rxy r tabel (0,361). Jadi konsekuensinya hipotesis alternatife (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Yusam Thobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irmawati, IrmawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Metode
Keywords: Muatan lokal; Mabadi Al-Fiqhiyah; Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10893

Actions (login required)

View Item View Item