PROFIL KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Retnani, Hapsari Duwi (2013) PROFIL KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstak.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Number sense adalah kepekaan intuisi terhadap bilangan, seseorang yang mempunyai number sense ialah orang yang senang dan familiar terhadap bilangan. Termasuk didalamnya adalah memahami makna bilangan, kegunaan bilangan dan mampu menginterpretasikannya, mampu melakukan perhitungan secara akurat serta mempunyai analisis dan penalaran yang tajam terhadap suatu masalah yang berhubungan dengan bilangan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kemampuan number sense siswa kelompok tinggi SDN Berat Wetan III Mojokerto dalam menyelesaikan soal matematika. 2) Mengetahui kemampuan number sense siswa kelompok sedang SDN Berat Wetan III Mojokerto dalam menyelesaikan soal matematika. 3) Mengetahui kemampuan number sense siswa kelompok rendah SDN Berat Wetan III Mojokerto dalam menyelesaikan soal matematika.
Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang terdiri dari masing-masing 2 siswa dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Pengelompokan tersebut didasarkan pada hasil UTS semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes sebanyak 20 uraian kepada 6 subjek tersebut. Kemudian dilakukan wawancara pada masing-masing subjek.
Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah dalam kepekaan terhadap bilangan pecahan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan bilangan pecahan tergolong cukup. Tergolong cukup dalam kecakapan dan penguasaan terhadap operasi-operasi. Tergolong kurang dalam kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keahlian pada poin-poin sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Lisanul Uswah Sadieda, S.Si, M.Pd
Creators:
CreatorsEmailNIM
Retnani, Hapsari DuwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: number sense, intuisi, pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 04 Apr 2015 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10934

Actions (login required)

View Item View Item