PENGENALAN KEAGAMAAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN FLORA DAN FAUNA DI SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayati, Choiriyatul (2013) PENGENALAN KEAGAMAAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN FLORA DAN FAUNA DI SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk mengungkapkan dan mengetahui pengenalan keagamaan anak melalui pembelajaran flora dan fauna di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mengacu pada gambaran tentang pembelajaran yang diterapkan dengan sebenar-benarnya.
Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumber data penelitian diperoleh dari kepala SD SAIMS dan wakil kepala sekolah, serta ustad-ustadah kelas satu sampai kelas lima. Analisis data yang digunakan adalah analisis lapangan dan analisis sesudah pengumpulan data.
Bagaimana pengenalan keagamaan anak kelas satu sampai kelas lima SD, melalui proses pembelajaran Flora dan Fauna di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya? Metode Pembelajaran menggunakan alam sebagai media belajar anak. Sesuai dengan tahapan perkembangan keagamaan anak sekolah dasar adalah The Realistic Stage (tingkat kenyataan). Sedangkan, dalam pembelajaran akan terlihat perbedaan setelah mendapatkan pembelajaran melalui proses perubahan sikap dari tak menerima menjadi sikap menerima berlangsung melalui tiga tahap perubahan sikap. Proses pertama adalah perhatian, kedua, pemahaman, dan ketiga, penerimaan.
Pembelajaran yang digunakan adalah dengan memberikan pengenalan tentang agama melalui pengalaman langsung atau mengikut sertakan anak dalam pembelajaran flora dan fauna. Penyajian pembelajaran secara nyata lalu di sisipkan pengetahuan keagamaan akan membuat anak lebih muda menyerap pelajaran menimbulkan perhatian yang cukup besar oleh anak dan dapat mengubah anak dalam bertingkah laku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sjahudi Sirodj
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayati, ChoiriyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Pengenalan Keagamaan Anak;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11041

Actions (login required)

View Item View Item