BIMBINGAN DAN KOSELING ISLAM DENGAN PENDEKATAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM MENANGANI PERILAKU MALADAPTIF SANTRI DI TPA BAITUL HAMID WONOCOLO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Laili (2013) BIMBINGAN DAN KOSELING ISLAM DENGAN PENDEKATAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM MENANGANI PERILAKU MALADAPTIF SANTRI DI TPA BAITUL HAMID WONOCOLO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana Proses Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Pendekatan Dinamika Kelompok dalam menagani perilaku maladaptif santri di TPA Baitul Hamid Wonocolo Surabaya ? (2) Bagaimana tingkat keberhasilan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Pendekatan Dinamika Kelompok dalam menagani perilaku maladaptif santri di TPA Baitul Hamid Wonocolo Surabaya ? (3) Faktor apasaja yang menyebabkan perilaku maladaptif santri di TPA Baitul Hamid Wonocolo Surabaya?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisa proses dilakukan dengan membandingkan Bimbingan dan Koseling Islam antara teori dan lapangan, untuk tingkat keberhasilan membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah mendapatkan konseling, dan analifis faktor penyebab perilaku maladaptif dengan membandingkan faktor yang menyebabkan perilaku maladaptif antara teori dan lapangan.
Dalam penelitian ini disimpulkan bentuk perilaku maladaptif klien yang berjumlah 4 orang ini adalah tidak mau berdoa dan membiarkan gurunya berdoa sendiri, membuat gaduh, dan tidak punya sopan santun kepada guru dengan bertindak sesuka hatinya. Faktor yang menyebabkan mereka bersikap seperti itu adalah dari faktor instrinsik dan ekstrinsik. Dalam penelitian ini proses konseling yang tejadi menggunakan pendekatan dinamika kelompok yang lebih menekankan kepada kepemimpinan serta adanya aksi dan interaksi. Teknik yang digunakan adalah role playing, story telling serta play terapi. Dengan pendekatan ini klien diharapkan dapat menyesuaikan dirinya di kelas sehingga tidak bertingkahlaku maladaptif. Keberhasilan bimbingan konseling terhadap diri klien dapat dibuktikan dengan adanya penurunan gejala tingkahlaku maladaptif setelah dilaksanakannya bimbingan dan konseling islam. Hal ini sesuai dengan pengamatan perilaku klien yang dilakukan oleh konselor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dinamika kelompok, perilaku maladaptif
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, LailiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: bimbingan dan konseling islam, dinamika kelompok, dan perilaku maladaptif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11117

Actions (login required)

View Item View Item