PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN IPA KELAS IV MI MA'ARIF PADEMONEGORO SUKODONO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chusnah, Latifatin Asmaul (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN IPA KELAS IV MI MA'ARIF PADEMONEGORO SUKODONO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo pada materi Sumber Daya Alam belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya Treatment (model pembelajaran yang inovatif), selain itu siswa juga kurang antusias ketika proses belajar mengajar IPA berlangsung. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakannya Model Quantum Teaching melalui Penelitian Tindakan Kelas diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prestasi belajar IPA di MI Ma'arif Pademonegoro kelas IV Sidoarjo (2) Bagaimana penerapan Model Quantum Teaching pada kelas IV di MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar melalui Model Quantum Teaching pada pelajaran IPA kelas IV di MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi aktivitas guru dan siswa, tes prestasi belajar (pre test dan post test) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara Deskriptif Kualitatif dan Kuantitatif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Prestasi belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo pada saat sebelum adanya PTK belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil Pre Test hanya mencapai 45,71 atau 45,8% atau sekitar 6 siswa yang tuntas, sedangkan 22 siswa belum tuntas (2)Penerapan model Quantum Teaching dalam pelajaran IPA IV MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo dapat dilihat kemampuan pengajar dala mengelolah kelas dan siswanya pada siklus I dan siklus II berjalan dengan baik. Hal tersebut
berdampak positif atas ketuntasan belajar dilihat dari lembar observasi guru yang telah memperoleh presentase 52,86% pada siklus I dan 72,85% di siklus II dan berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa kelas IV terlihat siswa lebih antusias ketika mengikuti KBM IPA (3) Pembelajaran IPA dengan menggunakan model Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil Pre tes dan Post test antara siklus I dan siklus II, yaitu: Pre Test mencapai 45,71 atau 45,8% dan Post Test mencapai 65,36 atau 65%, sedangkan pada siklus II Pre Test mencapai 70,36 atau 70% dan Post Test mencapai 80,36 atau 80% yang dikategorikan baik karena telah mencapai indikator yang telah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: pembimbing : Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chusnah, Latifatin AsmaulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi Belajar Siswa; Model Quantum Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11121

Actions (login required)

View Item View Item