KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA: STUDI KASUS PROSES KOMUNIKASI KELOMPOK DAN ANTAR KELOMPOK PENGGEMAR K-POP DI SURABAYA DAN MALANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Nur Afni (2013) KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA: STUDI KASUS PROSES KOMUNIKASI KELOMPOK DAN ANTAR KELOMPOK PENGGEMAR K-POP DI SURABAYA DAN MALANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

K-Pop adalah singkatan dari Korean Pop atau musik pop Korea yang kini telah menjadi candu bagi penggemar setia penyanyi dari Korea Selatan. Dengan bantuan Korean Wave, K-Pop menjadi mudah mewabah dimana-mana. Dalam hal ini peneliti meneliti beberapa komunitas penggemar K-Pop di Surabaya dan Malang yaitu,YG Famz Surabaya, Kloss Surabaya, KFM Malang dan YG Famz Malang.Ada dua persoalan dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana proses komunikasi internal kelompok penggemar K-Pop di Surabaya dan Malang? Dan (2) Bagaimana proses komunikasi antar kelompok penggemar K-Pop di Surabaya dan Malang?
Penelitian ini bertujuan untuk Memahami dan mendeskripsikan proses komunikasi internal dan eksternal kelompok penggemar K-Pop di Surabaya dan Malang dan Mengetahui dan mendeskripsikan proses komunikasi antar kelompok penggemar K-Pop di Surabaya dan Malang. Penelitian ini bersifat Kualitatif- Deskriptif dengan melakukan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi struktur serta observasi lapangan. Kelompok responden berjumlah empat kelompok denggan jumlah keseluruhan anggota 18 orang, yakni 4 orang dari YG Famz Surabaya, 3 Orang dari Korea Lovers Surabaya (KLOSS), 5 orang dari YG Family for Malang, dan 6 orang dari K-Pop Fandom Malang (KFM).
Penelitian ini menemukan temuan-temuan sebagai berikut: (1) Korean Pop baik di Surabaya dan Malang merupakan komunikasi kelompok besar atau large group communication, (2) jarang sekali terjadi komunikasi langsung atau tatap muka atau dapat dikatakan bahwa terjadi hubungan informal (3) Proses komunikasi internal kelompok berlangsung melalui ketua kelompok yang kemudian menyebarkan informasi-informasi kepada anggota kelompoknya melalui media komunikasi baik secara formal maupun informal, begitupula dengan proses komunikasi antar kelompok berlangsung dengan alur yang sama
Untuk Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas dakwah agar memperkaya riset khalayak dengan menggunakan metode teori jaringan yang berguna bagi riset selanjutnya agar tidak sebatas mengetahui komunikasi kelompok melainkan tentang budaya kelompok, psikologi social anggota kelompok dan strategi dalam promosi kelompok. Dalam hal ini penulis juga merekomendasikan agar komunitas KLOSS dan KFM untuk lebih menstrukturkan lagi kepengurusan komunitasnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nikmah Hadiati Salisah, S.IP., M. Si
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Nur AfniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Komunikasi Kelompok, Penggemar Korean Pop, Studi Proses Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item View Item