PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KECUKUPAN MODAL PADA BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH CABANG DIPONEGORO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syah, Fahmi Fachrudin (2013) PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KECUKUPAN MODAL PADA BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH CABANG DIPONEGORO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. i.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. ii.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iii.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iv.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. v.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan berjudul PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KECUKUPAN MODAL PADA BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH CABANG DIPONEGORO SURABAYA ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh profitabilitas yang terinci dalam rasio Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) serta likuiditas yang terinci dalam rasio Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap kecukupan modal yang terinci dalam rasio Capital Adequacy Ratio (CAR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat profitabilitas dan likuiditas terhadap kecukupan modal pada Bank Tabungan Negara Syariah Cabang Diponegoro Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi para praktisi dalam menjaga tingkat kesehatan bank.
Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan Bank Tabungan Negara Syariah Cabang Diponegoro Surabaya per triwulan selama periode 2010-2012.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji koefisien determinasi berganda dilengkapi uji asumsi klasik multikolinieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas untuk memastikan bahwa asumsi-asumsi tersebut terpenuhi oleh model yang digunakan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t untuk menguji koefisien regresi secara parsial serta F-statistik untuk menguji koefisien regresi secara bersama-sama (simultan) pada level of significant 5%.
Selama periode pengamatan berdasarkan uji multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Selain itu penelitian ini menunjukkan berdistribusi normal, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap CAR karena memiliki nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05. Sementara ROE dan FDR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap CAR pada Bank Tabungan Negara Syariah Cabang Diponegoro Surabaya karena thitung lebih kecil dari ttabel. Namun, secara simultan, ROA, ROE, dan FDR terbukti berpengaruh signifikan terhadap CAR karena memiliki nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 dan F hitung lebih besar dari F table. Peranan manajemen aset dan liabilitas cukup penting dalam menghasilkan tingkat profitabilitas. Demikian pula kinerja dari manajemen likuiditas memberikan kontribusi yang berarti terhadap pencapaian efisiensi bank. Disusul dengan cukup berperannya manajemen pasiva atau permodalan dalam mendongkrak tingkat efisiensi bank. Kondisi seperti ini patut dicatat oleh manajemen bank syariah bahwa, kebijakan-kebijakan manajerial di tiga bidang tersebut diatas perlu terus ditingkatkan karena telah terbukti memberikan kontribusi terhadap efisiensi usaha bank syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Nurlailah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syah, Fahmi FachrudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? BI ??
Bank Islam
Keywords: profitabilitas; likuiditas; modal BTN syariah, BTN;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 09:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item View Item