TINJAUAN SADD AZ-ZARI AH TERHADAP PEMBUANGAN LIMBAH PABRIK PADA PT JAYA KERTAS DI DESA KEPUH KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiah, Chamidatul (2013) TINJAUAN SADD AZ-ZARI AH TERHADAP PEMBUANGAN LIMBAH PABRIK PADA PT JAYA KERTAS DI DESA KEPUH KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul TINJAUAN SADD AZ-ZARI AH TERHADAP PEMBUANGAN LIMBAH PABRIK PADA PT JAYA KERTAS DI DESA KEPUH KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK. Penelitian lapangan ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu: (1). Bagaimanakah proses Pembuangan Limbah Pabrik pada PT Jaya Kertas di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk ?. (2). Bagaimanakah tinjauan Sadd Az-zari ah terhadap Pembuangan Limbah Pabrik pada PT Jaya Kertas di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk ?.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, yakni data penelitian yang bersumber dari lapangan disusun dengan mengadakan interview, observasi, dan dokumentasi kemudian akan dideskripsikan lalu dianalisis dengan menggunakan Sadd az-zari ah, sehingga mendapatkan gambaran yang jelas mengenai masalah tersebut.
Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan dari masalah Sadd Az-zari ah terhadap Pembuangan Limbah Pabrik pada PT Jaya Kertas di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk adalah pengelolaan limbah yang tidak sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pasal 13 mengenai pengendalian pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup dilaksanakan dalam rangka pelestarian fungsi lingkungan hidup yang meliputi pencegahan, penanggulangan, dan pemulihan yang mana PT Jaya Kertas ini telah membawa berbagai dampak negatif pada masyarakat sekitar dan menyebabkan kerusakan pada alam. Antara lain: terjadinya kualitas air menjadi buruk, menyebabkan gatal-gatal, sesak nafas, kuranganya air bersih.
Analisis sadd az-zari ah terhadap Pembuangan Limbah Pabrik pada PT Jaya Kertas menyimpulkan bahwa mengenai pembuangan limbah yang berdampak kemadharatan bagi masyarakat tersebut memang pantas dihukumi haram, karena dalam permasalahan ini sudah termasuk salah satu dari empat macam-macam sadd az-zari ah yang dikemukakan oleh Imam Syatibi, yaitu perbuatan itu yang pada dasarnya boleh dilakukan karena mengandung maslahat, tetapi memungkinkan juga perbuatan itu membawa kepada kemafsadatan. Dan pembuangan limbah oleh PT Jaya Kertas yang tidak pada tempatnya telah menimbulkan banyak kerugian dibanding manfaatnya. Dalam kaidah fiqh yang artinya: menolak mafsadat (bahaya) lebih utama daripada mengambil manfaat.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, diharapkan kepada pengelola limbah PT Jaya Kertas agar pembuangan limbah pada PT Jaya Kertas perlu pembenahan dalam proses pengolahan limbah sampai pada tahap pembuangan ke sungai sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Hadi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiah, ChamidatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Sadd az zariah; Limbah pabrik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item View Item